Peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran desain batik melalui pembelajaran kooperatif tipe stad kelas XB SMAN 1 Srengat Blitar / Siti Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran desain batik melalui pembelajaran kooperatif tipe stad kelas XB SMAN 1 Srengat Blitar / Siti Fatimah

Fatimah, Siti (2010) Peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran desain batik melalui pembelajaran kooperatif tipe stad kelas XB SMAN 1 Srengat Blitar / Siti Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar dan aktivitas siswa dalam suatu pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain tingkat kesulitan materi pembelajaran minat dan motivasi siswa dalam belajar cara penyampaian materi sarana belajar serta situasi belajar.Demikian halnya dengan pembelajaran desain batik. Rendahnya kinerja siswa dalam pembelajaran desain batik baik pada kualitas proses maupun produk belajarnya disebabkan oleh cara penyampaian materi yang terlalu konvensional monoton kurang menantang serta kurang menyenangkan. Sehingga terjadi ketidaktuntasan belajar pada sebagian besar siswa dalam kelas atau siswa gagal mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).Agar tercipta suasana belajar yang menarik menantang menyenangkan dan bermakna maka diperlukan suatu desain pembelajaran dengan pendekatan yang cocok dan efektif dengan materi pembelajaran desain batik. Oleh sebab itu perlu diadakan penelitian tindakan kelas untuk mencermati dan mengatasi rendahnya kualitas proses dan hasil pembelajaran desain batik tersebut. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif interaktif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif partisipatif dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi dari siswa guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas.Penelitian ini dilakukan di kelas XB SMAN 1 Srengat Blitar dengan jumlah siswa38 ternyata hanya 9 siswa yang tuntas nilainya. Berdasarkan data temuan tersebut maka oleh peneliti diambil tindakan untuk dibuat kelompok belajar sesuai dengan prinsip kooperatif tipe STAD yakni membagi kelas menjadi 8 kelompok heterogen.Siswa yang kompetensi seninya tinggi dipilih dan disebar rata pada tiap kelompok demikian juga dengan yang kompetensi seninya kurang juga dibagi rata pada tiap kelompok. Pada siklus pertama sudah terjadi peningkatan tetapi belum bisa maksimal. Hal ini disebabkan sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar desain batik melalui kooperatif tipe STAD guru kolaborator yang juga merupakan guru seni rupa belum sepenuhnya dapat mengimplentatasikan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Maka untuk itu dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan pada siswa tentang prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada siklus- 2 sudah menunjukkan adanya peningkatan siswa dan guru kolaborator sudah mulai memahami pembelajaran desain batik melalui kooperatif tipe STAD. Hasil evaluasi belajar siswa dari rata-rata 70 89 (pra siklus/tanpa kooperatif tipe STAD) meningkat menjadi 78 89 (siklus-1) meningkat lagi menjadi 84 00 (siklus- 2 setelah diterapkan kooperatif tipe STAD dan meningkat tipis 0 40 yakni menjadi 84 40 setelah dikembalikan pada suasana belajar secara individual pada siklus-3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran desain batik kelas XB SMAN 1 Srengat Blitar. Oleh sebab itu sebagai guru seni rupa diharapkan kreatif inovatif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STADdalam penyampaian materi pembelajaran desain batik agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12560

Actions (login required)

View Item View Item