Pelaksanaan pembelajaran seni pada kegiatan membentuk melalui penggunaan bahan plastisin di taman kanak-kanak Sekar Indah Malang / Eko Budiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran seni pada kegiatan membentuk melalui penggunaan bahan plastisin di taman kanak-kanak Sekar Indah Malang / Eko Budiyono

Budiyono, Eko (2010) Pelaksanaan pembelajaran seni pada kegiatan membentuk melalui penggunaan bahan plastisin di taman kanak-kanak Sekar Indah Malang / Eko Budiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budiyono Eko. 2009. Pelaksanaan Pembelajaran Seni Pada Kegiatan Membentuk Melalui Pengunaan Bahan Plastisin Di Taman Kanak kanak Sekar Indah Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing ( I ) Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd ( II ) Drs. Ponimin M.Hum Kata kunci Pembelajaran Seni Membentuk Plastisin Taman Kanak-kanak. Berbagai bentuk kegiatan dan media kreatif memberi banyak kesempatan pada anak untuk berekspresi menurut keinginan dan caranya sendiri. Salah satu upaya mengembangkan potensi anak yaitu melalui lembaga formal Taman Kanakkanak. Pada umumnya kegiatan seni rupa di lembaga pendidikan atau lingkungan kelompok bermain lebih banyak berupa kegiatan menggambar atau mewarna. Kegiatan menggambar dan mewarna bahkan cenderung menjadi komoditas untuk meraih materi maupun prestise melalui lomba-lomba secara regional nasional maupun internasional. Peran sekolah dan guru sangat dibutuhkan untuk dapat mengembangkan bahan ajar dan berusaha menemukan bagaimana kegiatan seni yang dapat memenuhi kebutuhan fisik emosional mental dan estetik siswa.Taman Kanak-kanak Sekar Indah merupakan salah satu Taman Kanakkanak di kota Malang yang dalam pembelajaran seninya mengajarkan seni rupa tiga dimensi berupa kegiatan membentuk dengan menggunakan bahan plastisin. Meskipun guru di TK Sekar Indah tidak memiliki kemampuan spesifik di bidang kegiatan membentuk guru memiliki strategi pembelajaran khusus dalam mengajar.dari permasalahan tersebut maka penelitian ini bermaksud mengatahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran seni pada kegiatan membentuk melalui penggunaan plastisin di TK Sekar Indah Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran seni pada kegiatan membentuk melalui pengunaan plastisin di Taman Kanak-Kanak Sekar Indah Malang meliputi perencanaan pembelajaran pelaksanaan proses pembelajaran penilaian pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi pada proses pembelajaran wawancara dengan guru dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi (1) perencanaan pembelajaran yang disusun dalam bentuk Satuan kegiatan harian (2) pelaksanaan proses pembelajaran yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir model pembelajarannya adalah model aprentisip. Pendekatan yang digunakan pendekatan formal. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode bercerita demonstrasi dan mencontoh (3) penilaian yang dilakukan meliputi penilaian hasil karya dan penilaian proses (4) faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada Guru dan lembaga pendidikan/sekolah terutama Taman Kanak-kanak dalam pembelajaran tidak hanya menekankan pada penguasaan keterampilan secara fisik tetapi juga psikis. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat mengembangkan potensi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12551

Actions (login required)

View Item View Item