Peningkatan kemampuan berkarya seni rupa melalui seni grafis metode cetak tinggi pada siswa kelas VIII D SMP negeri 1 Binangun Blitar / Eko Wiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berkarya seni rupa melalui seni grafis metode cetak tinggi pada siswa kelas VIII D SMP negeri 1 Binangun Blitar / Eko Wiyono

Wiyono, Eko (2010) Peningkatan kemampuan berkarya seni rupa melalui seni grafis metode cetak tinggi pada siswa kelas VIII D SMP negeri 1 Binangun Blitar / Eko Wiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wiyono Eko. 2009. Peningkatan Kemampuan Berkarya Seni Rupa melalui Seni Grafis Metode Cetak Tinggi pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Binangun Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd (II) M. Abdul Rahman S.Sn M.Sn Kata kunci Kemampuan Seni Grafis Metode Cetak Tinggi SMP. Pembelajaran Seni Budaya dalam pelajaran Seni Rupa berfungsi untuk mengembangkan kemampuan apresiatif kreativitas dan sensitivitas estetik siswa. Untuk mengembangkan kemampuan tersebut dalam pembelajaran Seni Rupa salah satunya siswa belajar berkarya Seni Grafis. Hal tersebut digunakan untuk memberikan kebebasan siswa dalam berekspresi melalui Metode Cetak Tinggi yang diharapkan akan membantu siswa mengembangkan kemampuan teknik dan proses berkarya Seni Grafis. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berkarya Seni Rupa melalui Seni Grafis dengan Metode Cetak Tinggi di kelas VIII D SMPN 1 Binangun Blitar. Penelitian ini difokuskan pada pada kegiatan proses Seni Grafis Cetak Tinggi Teknik Kolase yang meliputi beberapa tahap diantaranya (1) membuat desain gambar (2) membuat acuan (matriks) dan (3) proses mencetak atau reproduksi karya. Pendekatan yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini digunakan karena data yang dikaji dalam penelitian ini berupa perilaku pembelajaran berlatar alamiah peneliti sebagai pengumpul data utama data dianalisis secara deskriptif induktif menekankan hasil dan proses dan hasil penelitian diverifikasi dan dikonfirmasikan dengan orang-orang yang berkaitan dengan hal yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam berkarya Seni Rupa melalui Seni Grafis Metode Cetak Tinggi mengalami peningkatan dari siklus I dan ke siklus II. Tahap membuat desain mengalami peningkatan dari kualifikasi kurang pada tahap observasi awal menjadi kualifikasi cukup pada siklus I demikian juga pada tahap membuat acuan (matriks) dan mencetak. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan pada tahap membuat desain dari kualifikasi cukup pada siklus I di siklus II ini menjadi kualifikasi baik demikian juga pada tahap membuat acuan (matriks) dan mencetak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan (1) siswa diberi kebebasan memilih objek gambar berdasarkan kesepakatan kelompok (2) mengamati objek secara langsung untuk menjadi media gambar objek (3) memberikan arahan kepada siswa cara menuangkan ide gambar objek dari pengamatan langsung. Pada saat pembelajaran Seni Budaya khususnya Seni Grafis guru Seni Budaya disarankan untuk memberikan arahan kepada siswa tentang beberapa hal yaitu (1) memotivasi siswa dalam mencermati hasil karya teman lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12549

Actions (login required)

View Item View Item