Pengembangan media pembelajaran IPA sub materi organ tubuh manusia dengan pemanfaatan animasi dalam MS. Powerpoint untuk meningkatkan daya ingat siswa / Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran IPA sub materi organ tubuh manusia dengan pemanfaatan animasi dalam MS. Powerpoint untuk meningkatkan daya ingat siswa / Yulianto

Yulianto (2009) Pengembangan media pembelajaran IPA sub materi organ tubuh manusia dengan pemanfaatan animasi dalam MS. Powerpoint untuk meningkatkan daya ingat siswa / Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulianto. 2008. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Sub Materi Organ Tubuh Manusia dengan Pemanfaatan Animasi dalam Ms. Powerpoint untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa . Skripsi Jurusan Seni dan Desain Program Studi Pendidikan Seni Rupa FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triyono Widodo M.Sn. (II) Drs. Imam Muhadjir. Kata Kunci Media Pembelajaran Animasi dalam Ms. Powerpoint Organ Tubuh Manusia Daya Ingat Siswa Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti kondisi belajar IPA sebelumnya di SDN Klitik I Ngawi diketahui bahwa sarana dan prasarana berupa komputer belum dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber belajar siswa. Komputer hanya dimanfaatkan untuk kegiatan rapat para guru dan kepala sekolah. Upaya inovasi dan kreatif yang mengarah kepada pencapaian kompetensi materi organ tubuh manusia tersebut mutlak diperlukan di SDN Klitik I Ngawi. Secara teoritis untuk mengatasi permasalahan tersebut di antaranya dengan memproduksi media pembelajaran IPA yang mampu memvisualkan proses berjalannya organ tubuh manusia bagian dalam secara menarik simpel serta mudah bagi siswa untuk mengingat meteri yang telah diajarkan media pembelajaran yang diproduksi adalah media pembelajaran IPA dengan memanfaatkan animasi dalam Ms. Powerpoint yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif antara guru dengan murid untuk dapat meningkatkan prestasi dan daya ingat siswa pada materi organ tubuh manusia yang telah disampaikan oleh guru. Media pembelajaran animasi dalam Ms. Powerpoint ini memiliki kemampuan dalam mengintegrasikan komponen warna musik dan animasi grafik (graphic animation). Keberadaan animasi dapat memperjelas uraian konsep sehingga pemahaman konsep lebih mudah jika dibandingkan dengan memakai sumber belajar yang statis berupa buku teks papan tulis gambar manual dari kertas ataupun LKS. Media pembelajaran animasi dalam Ms. Powerpoint ini juga mampu memberikan balikan (feedback) sehingga siswa dapat aktif berinteraksi dengan media yang diproduksi dengan mempergunakan fasilitas yang ada pada menu Game dan menu latihan soal. Selain itu media juga dapat meningkatkan motivasi dan perhatian siswa untuk belajar dan mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih langsung untuk menjelaskan materi organ tubuh manusia. Bentuk pembelajaran animasi dalam Ms. Powerpoint yang diberikan adalah bentuk tutorial bercabang. Bentuk pembelajaran tutorial secara umum melibatkan dua fase pertama pembelajaran yaitu memaparkan informasi (presenting information) dan membimbing siswa (guiding the student). Desain uji coba pengembangan meliputi validasi media dan uji coba di lapangan (implementasi). Validasi media diperoleh dari penilaian dan tanggapan dari validator ahli materi dan ahli media yang selanjutnya digunakan untuk menentukan kelayakan dan bagian media animasi dalam Ms. Powerpoint yang perlu direvisi. Uji coba di lapangan dilakukan dengan mencobakan media animasi dalam Ms. Powerpoint kepada siswa dan guru bertindak sebagai observer. Siswa belum pernah mempelajari materi organ tubuh manusia melalui kegiatan belajar mengajar di kelas. Data yang diperoleh bersifat kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner (angket) serta nilai pretes dan postes. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil yang diperoleh dari pengembangan proyek ini yaitu media pembelajaran IPA dengan memanfaatkan animasi dalam Ms. Powerpoint yang diproduksi memiliki sudah memiliki tingkat kelayakan yang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi kelompok ahli terhadap media yang dikembangkan yaitu dimana semua kelompok menyatakan media yang dikembangkan siap untuk diproduksi dan layak digunakan untuk media pembelajaran dalam kelas khususnya untuk mata pelajaran IPA sub materi organ tubuh manusia. Selain itu hasil observasi guru pada saat uji coba lapangan menunjukkan bahwa siswa sangat termotivasi belajar materi organ tubuh manusia menggunakan media pembelajaran IPA dengan memanfaatkan animasi dalam Ms. Powerpoint dan lebih mudah memahami materi tersebut sehingga daya ingat siswa setelah mempelajari materi organ tubuh manusia dapat terus melekat dan mampu diingatnya dalam jangka waktu yang relatif lama. Oleh sebab itu secara umum media pembelajaran animasi dalam Ms. Powerpoint tersebut layak digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah di SDN Klitik I Ngawi untuk materi organ tubuh manusia. Saran pemanfaatan dan diseminasi lebih lanjut dapat dikemukakan sebagai berikut a. Media animasi dalam Ms. Powerpoint ini memiliki kelebihan dan kekurangan seperti yang telah disebutkan pada kajian media yang telah direvisi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dalam rangka mengeleminasi kekurangannya. b. Media pembelajaran animasi dalam Ms. Powerpoint untuk materi lain perlu dikembangkan. c. Produk pembelajaran animasi dalam Ms. Powerpoint ini masih bersifat offline sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran animasi dalam Ms. Powerpoint yang online dapat diakses melalui internet. d. Hasil pengembangan ini sifatnya masih kontekstual yang hanya memecahkan masalah pembelajaran IPA sub materi organ tubuh manusia kelas V di SDN Klitik I Ngawi saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item View Item