Penggunaan media pembelajaran mata pelajaran Art di kelas ICP (International class programma) SD Laboraturium Universitas Negeri Malang / Mohamad Taufik - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media pembelajaran mata pelajaran Art di kelas ICP (International class programma) SD Laboraturium Universitas Negeri Malang / Mohamad Taufik

Taufik, Mohamad (2010) Penggunaan media pembelajaran mata pelajaran Art di kelas ICP (International class programma) SD Laboraturium Universitas Negeri Malang / Mohamad Taufik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Taufik Mohamad. 2008. Penggunaan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Art di Kelas ICP (International Class Programme) SD Laboratorium UM. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd. Kata kunci penggunaan media pembelajaran art. Penelitian ini mencoba untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran Mata Pelajaran Art di SD Laboratorium UM. Empat fokus masalah yang diteliti yaitu (1) media pembelajaran yang digunakan dalam Mata Pelajaran Art (2) penggunaan media pembelajaran Mata Pelajaran Art (3) peranan media pembelajaran dalam menunjang proses belajar mengajar Mata Pelajaran Art dan (4) upaya yang dilakukan guru Mata Pelajaran Art dalam membuat dan pengadaan media pembelajaran Art. Subjek yang diteliti meliputi Guru Mata Pelajaran Art Wali kelas ICP dan Koordinator Kelas ICP. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk pengumpulan datanya dengan angket wawancara dan observasi. Proses analisis data penelitian ini adalah (1) data dikelompokkan menurut kategorinya (2) data dianalisis langsung dan dikaitkan dengan data sejenis pada kelompok kategori yang sama (3) hasil analisis data dideskripsikan serta (4) data diinterpretasi dan disimpulkan. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan sebagai berikut (1) media pembelajaran yang digunakan terdiri atas media pajang media visual non projeksi media visual proyeksi media audio media cetak media komputer dan multimedia. Karakteristik media yang digunakan yaitu media non interaktif (2) media-media tersebut digunakan oleh guru untuk menjelaskan isi materi pelajaran kepada siswa media digunakan oleh siswa untuk belajar secara mandiri mediamedia tersebut belum digunakan oleh siswa untuk belajar secara berkelompok. Bersamaan dengan pemakaian media tersebut guru menggunakan beberapa metode yang cocok antara lain metode ceramah tanya jawab demonstrasi latihan dan eksperimen (3) Media pembelajaran berperan menciptakan gairah guru dalam mengajar mempermudah dalam penyampaian materi pelajaran Art kepada siswa menyatukan persepsi siswa terhadap penjelasan guru mempermudah guru dalam mencapai standar kompetensi meningkatkan minat siswa mempermudah siswa memahami materi Art mengurangi verbalisme dan mengembangkan pengalaman belajar menggambar dan mewarnai (4) guru berupaya memanfaatkan media yang sudah ada dengan bantuan dari pihak sekolah membuat media rancangan selain itu guru tidak pernah membeli media jadi atau memberi tugas kepada siswa untuk membawa media. Penelitian selanjutnya disarankan diadakan penelitian yang sejenis pada subjek yang sama dengan kontek yang berbeda untuk melihat keajekan hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12537

Actions (login required)

View Item View Item