Perencanaan media pembelajaran pada pelaksanaan kegiatan apresiasi di SMP Negeri 1 Tulungagung / Efi Hekhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perencanaan media pembelajaran pada pelaksanaan kegiatan apresiasi di SMP Negeri 1 Tulungagung / Efi Hekhmawati

Hekhmawati, Efi (2009) Perencanaan media pembelajaran pada pelaksanaan kegiatan apresiasi di SMP Negeri 1 Tulungagung / Efi Hekhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hekhmawati Efi. 2008. Perencanaan Media Pembelajaran pada Pelaksanaan Kegiatan Apresiasi di SMP Negeri 1 Tulungagung. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd (II) Drs. A.A.G. Rai Arimbawa. Kata Kunci Perencanaan Persiapan Penggunaan Media Pembelajaran. Dalam pembelajaran dikenal berbagai media yang digunakan sebagai pendukung berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media siswa akan lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Seorang guru perlu membuat sebuah perencanaan media. Perencanaan media merupakan keharusan dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan. Perencanaan media pembelajaran yang tepat tentu mempengaruhi kualitas proses maupun kualitas hasil pembelajaran. Oleh karena itu guru yang memiliki peran strategis dituntut untuk mampu menentukan media pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran dapat berlangsung efisien dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sejauhmana guru merencanakan media pada pelaksanaan kegiatan apresiasi (2) sejauhmana guru melakukan persiapan penggunaan media pada pelaksanaan kegiatan apreasiasi dan (3) sejauhmana guru menggunakan media dalam pelaksanaan kegiatan apresiasi. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatifkuantitatif sedangkan untuk pengumpulan datanya dengan angket wawancara dan observasi. Proses analisis data penelitian ini terdiri atas (1) data dikelompokkan menurut kategorinya (2) data dianalisis langsung dan dikaitkan dengan data sejenis pada kelompok kategori yang sama (3) hasil analisis data dideskripsikan dan (4) data diinterpretasi dan disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) semua guru telah membuat perencanaan media dan mencantumkannya dalam silabus dan RPP (2) kecenderungan guru memilih media sesuai SK dan KD memilih sesuai dengan karakteristik siswa memilih sesuai dengan karakteristik pesan mampu menentukan jenis-jenis media yang akan digunakan mampu membuat media sendiri (5 orang guru) (3) masing-masing guru menggunakan cara/teknik sendiri dalam menggunakan media pada pelaksanaan kegiatan apresiasi. Kecenderungan teknik yang digunakan guru adalah melaui ceramah baik disertai dengan mengamati karya/gambar atau mendengarkan lagu tanya-jawab tugas diskusi atau demonstrasi. Kecenderungan guru menggunakan pendekatan kontekstual / CTL (Contextual Teaching and Learning) (4 dari 5 guru). Bertolak dari temuan penelitian ini disarankan diadakan penelitian lanjutan yang sejenis dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12532

Actions (login required)

View Item View Item