Minat dan motivasi mahasiswa program studi seni rupa angkatan 2005-2007 jurusan seni dan desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang untuk memilih mata kuliah paket desain grafik dan animasi / Hafiz Nindra Adrianto

Adrianto, Hafiz Nindra (2009) Minat dan motivasi mahasiswa program studi seni rupa angkatan 2005-2007 jurusan seni dan desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang untuk memilih mata kuliah paket desain grafik dan animasi / Hafiz Nindra Adrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Faktor minat dan motivasi patut menjadi perhatian tersendiri, karena minat sangat besar pengaruhnya terhadap belajar. Apabila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat mahasiswa, maka ia tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya karena tidak ada daya tarik baginya. Mahasiswa menjadi enggan untuk belajar, karena ia tidak memperoleh kepuasan dari pelajaran itu. Sedangkan bahan pelajaran yang menarik minat siswa akan lebih mudah dipelajari dan dipahami, karena minat dapat menambah kegiatan belajar. Sedangkan motivasi atau motif juga sangat erat hubungannya dengan tujuan yang akan dicapai. Motivasi diperlukan sebagai daya penggerak atau pendorong seseorang, untuk berbuat sesuatu dalam mencapai suatu tujuan. Jadi sudah jelas, bahwa motivasi yang kuat sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan proses belajar. Program studi Pendidikan Seni Rupa adalah suatu program studi di jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, yang memiliki mata kuliah paket dan memberi kesempatan belajar dengan waktu cukup lama, yaitu 4 Semester. Jangka waktu tersebut dirasa cukup untuk memperdalam mata kuliah spesialisasi pilihan ini. Salah satunya adalah mata kuliah Paket Desain Grafik dan Animasi, yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh karena seiring majunya sistem Information Technology (IT) dan semakin banyak suatu lembaga atau perusahaan yang membutuhkan keahlian di bidang tersebut . Namun melihat fenomena yang ada, mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, tampaknya masih beranggapan bahwa pendidikan seni rupa hanya mempunyai ruang lingkup melukis, mematung, dan bidang seni lainnya selain Desain Grafik dan Animasi. Tidak terlepas dari pendapat-pendapat tersebut diatas, bentuk penelitian yang disusun ini adalah penelitian diskripsi kuantitatif. Penelitian ini menjelaskan tentang dua variabel, hal ini karena penelitian ini dipusatkan pada masalah yang ada sekarang yaitu memperoleh gambaran tentang minat dan motivasi Untuk Memilih Mata kuliah paket Desain Grafik dan Animasi, pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa angkatan 2005-2007 jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universias Negeri Malang. Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan hasil dengan menggunakan angka. Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengalaman belajar dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah, serta untuk menerapkan teori-teori yang diperoleh selama masa perkuliahan. Bagi mahasiswa Prodi Seni Rupa, hasil penelitian ini diharapkan dapat memperluas wawasan mahasiswa mengenai matakuliah paket Desain Grafik dan Animasi, agar dapat menjadi agen perubahan dengan melakukan penelitian lanjutan dengan tema serupa. Bagi peneliti lanjutan, hasil penelitian ini bisa dijadikan pegangan dan wawasan awal, agar dapat mengungkap lebih jauh berbagai permasalahan mengenai minat dan motivasi mahasiswa untuk memilih mata kuliah tertentu. Berdasarkan rumus dan proses penghitungan data yang berhasil dihimpun, hanya sebagian kecil mahasiswa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang angkatan 2005-2007 yang berminat dan termotivasi untuk memilih mata kuliah paket Desain Grafik dan Animasi. Namun jika dilihat perbagian dari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni rupa angkatan 2005 sampai angkatan 2007, tidak semua mahasiswa yang tidak atau kurang berminat dan termotivasi untuk memilih mata kuliah Desain Grafik dan Animasi, seperti pada salah satu angkatan mahasiswa Program Studi Seni Rupa yaitu Angkatan 2006 yang menunjukkan berminat untuk memilih mata kuliah Desain Grafik dan Animasi. Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengalaman belajar dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah, serta untuk menerapkan teori-teori yang diperoleh selama masa perkuliahan. Bagi Fakultas sastra dan Jurusan Seni dan Desain, hasil penelitian ini dapat dijadikan wacana agar lebih memberikan gambaran tentang manfaat atau tujuan mata kuliah paket Program Studi Seni Rupa, yang akan memudahkan mahasiswa memilih mata kuliah paket apa yang akan diambil. Bagi mahasiswa Program Studi Seni Rupa, diharapkan tidak mengambil mata kuliah paket hanya karena pengaruh lingkungan seperti teman atau keluarga, tetapi lebih menekankan pada fungsi atau manfaat mata kuliah tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12529

Actions (login required)

View Item View Item