Survei tentang pelaksanaan quantum teaching pada pembelajaran meronce kelas V di SD Muhammadiyah 04 Batu / Zakki Fitroni - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei tentang pelaksanaan quantum teaching pada pembelajaran meronce kelas V di SD Muhammadiyah 04 Batu / Zakki Fitroni

Fitroni, Zakki (2009) Survei tentang pelaksanaan quantum teaching pada pembelajaran meronce kelas V di SD Muhammadiyah 04 Batu / Zakki Fitroni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitroni Zakki. 2008. Survei Tentang Pelaksanaan Quantum Teaching Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas V di SD Muhammadiyah 4 Batu. Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Purwatiningsih. M.Pd (II) Drs. Eko Budi Winarno. Kata kunci pembelajaran seni budaya dan keterampilan quantum teaching. Pembelajaran merupakan suatu upaya untuk mencapai tujuan dari belajar yaitu berupa perubahan pengetahuan tingkah laku dan sikap siswa baik sebagian maupun seluruhnya melalui serangkaian pengalaman belajar. Proses pembelajaran meliputi tiga tahapan yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan quantum teaching pada materi meronce kelas V untuk standart kompetensi mengapresiasi karya kerajinan dan mengekspresikan diri melalui karya kerajinan. Model quantum teaching yang diteliti tentang aktivitas guru dalam mengajar meliputi pencapaian kompetensi penerapan metode penggunaan media dan pengelolaan kelas sedangkan untuk aktifitas siswa dalam belajar sebagai hasil pengajaran guru meliputi perhatian dan kinerja siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan analisa induktif. Dilakukan di kelas V b SD Muhammadiyah 4 Batu pada bulan Nopember 2008. Teknik yang dilakukan peneliti dalam mengumpulkan data dilakukan dengan wawancara dengan guru meronce dan observasi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi meronce yang disampaikan guru sesuai dengan standart kompetensi ekspresi dan apresiasi karya kerajinan kelas V dalam kurikulum KTSP. Guru dalam menerapkan quantum teaching telah menciptakan suasana yang menggairahkan landasan yang kukuh lingkungan yang mendukung dan rancangan yang dinamis untuk menata pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan guru dapat memperjelas penyajian pesan dan mengirim pesan dari guru ke siswa. Penyajian atau presentasi materi dilakukan guru dengan prima dan efektif sesuai model pembelajaran. Sedangkan pengaruh quantum teaching terhadap aktivitas siswa dalam belajar materi meronce sesuai dengan apa yang diharapkan guru karena siswa memperhatikan antusias dan aktif dalam menerima materi meronce yang disampaikan dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar sekolah selalu mencari dan mendukung metode-metode pembelajaran yang baru guru diharapkan dapat membuat inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan dengan menggunakan metode quantum teaching dan diharapkan pada seluruh pembaca untuk dapat ikut serta dalam mengembangkan pola pembelajaran. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12526

Actions (login required)

View Item View Item