Peningkatan kemampuan menggambar obyek melalui teknik menggambar langsung kelas VII SMP Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2007/2008 / Noer Aminatus Sya'diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menggambar obyek melalui teknik menggambar langsung kelas VII SMP Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2007/2008 / Noer Aminatus Sya'diyah

Sya'diyah, Noer Aminatus (2009) Peningkatan kemampuan menggambar obyek melalui teknik menggambar langsung kelas VII SMP Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2007/2008 / Noer Aminatus Sya'diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noer Aminatus S. 2008. Peningkatan Kemampuan Menggambar Objek Melalui Teknik Menggambar Langsung Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2007-2008. Skripsi Program Studi Seni Rupa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ida Siti Herawati M.Pd (2) Drs. Andi Harisman Kata Kunci Peningkatan kemampuan menggambar objek teknik menggambar langsung Penelitian ini dilaksanakan dengan pertimbangan bahwa kemampuan menggambar objek siswa SMP Negeri 6 Jember tergolong rendah. Rendahnya kemampuan tersebut terlihat dari gambar objek siswa yang belum menampakkan karakteristik gambar objek proporsi komposisi bayangan gelap terang dan arsiran kurang tepat. Tujuan penelitian menggambar objek dengan teknik menggambar langsung ini adalah (1) meningkatkan kemampuan menggambar objek pada tahap pramenggambar (2) meningkatkan kemampuan menggambar objek pada tahap saat menggambar dan (3) meningkatkan kemampuan menggambar objek pada tahap pascamenggambar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui tahapan studi pendahuluan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Tindakan dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Instrumen yang digunakan oleh peneliti berupa pedoman observasi catatan lapangan dan pedoman penilaian. Analisis data dilaksanakan berdasarkan data model alir yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan simpulan. Peningkatan proses pembelajaran menggambar objek dengan teknik menggambar langsung pada tahap pramenggambar tergambar bahwa motivasi mengalami peningkatan sebesar 12% berkategori baik sekali keaktifan mengalami peningkatan sebesar 13% dengan kategori baik sekali dan keberanian siswa sedikit mengalami penurunan sebesar 2%. Hal tersebut disebabkan siswa dihadapkan kepada objek yang memiliki tingkat kesulitan tinggi sehingga kurang percaya diri. Dalam menentukan sketsa kasar meningkat cukup signifikan berkategori baik sekali yaitu sebesar 55% dari jumlah 40% di siklus I dan 95% di siklus II. Peningkatan pada tahap saat menggambar yang meliputi sketsa lengkap bayangan dan arsiran. Peningkatan sketsa lengkap sebesar 45% dari 48% siklus I dan 93% pada siklus II. Penentuan bayangan pada siklus I berkategori baik sebesar 40% dan 60% cukup meningkat menjadi 75% berkategori baik dan 25% cukup. Sedangkan penentuan arsiran dari 33% berkategori baik dan 67% cukup meningkat menjadi 65% berkategori baik sekali dan 35% berkategori baik. Peningkatan kemampuan pada tahap pascamenggambar yang meliputi kegiatan publikasi dan pemajangan. Kegiatan publikasi pada siklus I berkategori iv baik sebesar 33% dan 67% cukup meningkat sebesar 45% berkategori baik sekali dan 55% baik pada siklus II. Sedangkan kegiatan pemajangan juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 25% berkategori baik dan 75% berkategori cukup pada siklus I meningkat menjadi 52% berkategori baik sekali dan 48% baik. Disarankan kepada guru seni budaya khususnya guru seni budaya di SMP Negeri 6 Jember agar menerapkan teknik menggambar langsung untuk meningkatkan kemampuan siswa menggambar objek.Disarankan kepada peneliti berikutnya terutama rekan-rekan guru yang berminat melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan menggambar objek dengan teknik menggambar langsung pada jenjang kelas lainnya dan dari sekolah yang berbeda. Melalui penelitian tersebut diharapkan dapat memperkaya wawasan para guru dalam mengatasi permasalahan-permasalah dalam pembelajaran menggambar objek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12523

Actions (login required)

View Item View Item