Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas IV, V dan VI di SDN putat Kidul 01 Kecamatan Gondanglegi tahun ajaran 2007-2008 / Habiby Rahmadianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas IV, V dan VI di SDN putat Kidul 01 Kecamatan Gondanglegi tahun ajaran 2007-2008 / Habiby Rahmadianto

Rahmadianto, Habiby (2008) Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas IV, V dan VI di SDN putat Kidul 01 Kecamatan Gondanglegi tahun ajaran 2007-2008 / Habiby Rahmadianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmadianto Habiby. 2008. Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya bidang Seni Rupa Kelas IV V dan VI di SDN Putat Kidul 01 Kecamatan Gondanglegi Tahun Ajaran 2007-2008. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Lilik Indrawati (2) Drs. Eko Budi Winarno. Kata kunci Pelaksanaan Pembelajaran Seni rupa SD Hampir rata-rata setiap lima tahun sekali kurikulum mengalami perubahan dan perbaikan sejalan dengan perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat.Sayangnya meskipun kurikulum diperbaiki dan berganti-ganti tetapi proses pembelajaran relatif kurang mengalami perbaikan.Akibatnya meskipun kurikulum diperbaiki atau diganti namun secara signifikan peningkatan kualitas pendidikan tetap saja relatif kurang mengalami peningkatan. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian untuk menggali pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa (pada satuan tingkat SD) kelas IV V dan VI. Penelitian kelas atas tersebut didasarkan pada asumsi bahwa siswa telah memiliki dasar dalam bidang kesenian sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) sedangkan untuk siswa kelas bawah yaitu I II dan III menggunakan kurikulum baru yaitu tematik sehingga tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Dalam pelaksanaanya kedua kurikulum tersebut berbeda ruang lingkup penelitian yang dilakukan di SDN Putat Kidul 01 Kecamatan Gondanglegi ini difokuskan pada perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas IV V dan VI SDN Putat Kidul 01. Sedangkan tujuan penelitian secara khusus yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran proses pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas IV V dan VI SDN Putat Kidul 01 Kecamatan Gondanglegi. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara metode pengamatan dan metode dokumentasi. Simpulan dan hasil pelaksanaan pembelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas IV V dan VI di SDN Putat Kidul 01 yang diperoleh adalah (1) Perencanaan pembelajaran seni rupa disusun bersama-sama melalui KKG (Kelompok Kerja Guru) ditiap gugus di 2 bulan sekali. Sedangkan silabus tiap-tiap kelas diberi oleh kepala sekolah pada tahun ajaran baru. Pelaksanaan pembelajaran seni budaya bidang seni rupa yang diperoleh adalah dari keempat i responden pelaksanaan pembelajaran seni yang dilakukan adalah dengan pemberian tugas menggambar sedangkan untuk apresiasi siswa ditugaskan untuk mengapresiasi gambar teman atau siswa lain. Evaluasi pembelajaran seni budaya bidang seni rupa yang diperoleh adalah dari keempat responden evaluasi pembelajaran seni rupa hanya untuk kompetensi kreasi sedangkan evaluasi kompetensi apresiasi tidak ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12522

Actions (login required)

View Item View Item