Persepsi siswa terhadap lembar kerja siswa (LKS) dalam mata pelajaran seni budaya di SMP Negeri I Papar Kediri / Trisetyo Wahyu Herlambang - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa terhadap lembar kerja siswa (LKS) dalam mata pelajaran seni budaya di SMP Negeri I Papar Kediri / Trisetyo Wahyu Herlambang

Herlambang, Trisetyo Wahyu (2010) Persepsi siswa terhadap lembar kerja siswa (LKS) dalam mata pelajaran seni budaya di SMP Negeri I Papar Kediri / Trisetyo Wahyu Herlambang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herlambang Trisetyo Wahyu. 2008. Persepsi Siswa Terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Di SMP Negeri I Papar Kediri. Skripsi Program studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triyono Widodo M.Sn (II) Drs. Muhadjir. Kata kunci persepsi siswa LKS Seni Budaya Salah satu metode penugasan mandiri bagi seorang siswa adalah dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa(LKS) sebagai respon terhadap kurikulum sebelum KBK dan sampai sekarang masih banyak digunakan. LKS sebagai alat untuk membantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang di berikan dan sebagai alat untuk melihat daya serap siswa terhadap pelajaran. Peggunaan LKS hampir di setiap mata pelajaran dan setiap sekolah. Pengenalan LKS untuk proses pembelajaran sudah dimulai sejak dibangku sekolah dasar sampai dengan sekolah Menengah dan kejuruan nantinya. Dalam pelaksanaanya penggunaan LKS terdapat perbedaan perlakuan oleh guru perbedaan perlakuan tersebut dirasakan oleh siswa sehingga siswa mempunyai persepsi terhadap LKS yang berbeda yang dapat bersifat positif dan negatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Papar Kediri dengan alasan status sekolah Negeri dan sudah menggunakan LKS serta mempunyai reputasi sangat baik di Masyarakat Kediri. Penelitian ini mengkaji tentang (1) Persepsi siswa tentang fungsi LKS Seni Budaya (2) Persepsi siswa tentang manfaat LKS Seni Budaya (3) Persepsi siswa tentang penggunaan LKS Seni Budaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai Januari. Populasi penelitian adalah semua siswa SMP Negeri I Papar Kediri dengan jumlah 554 siswa.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA VIIIA IXA karena dalam kelas tersebut sudah terdapat berbagai karakteristik siswa yang dapat mewakili populasi dengan jumlah seluruh responden 104 siswa sebagai sampel. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel penelitian adalah teknik Purposive Sample. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian berupa angket skala Likert. Hasilnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Deskriptif Persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa SMP Negeri I Papar Kediri terhadap LKS dalam mata pelajaran Seni Budaya yang ditinjau dari ketiga rumusan masalah penelitian ini dapat terjawab dari hasil persentase yang diketahui dan dapat di deskripsikan sebagai berikut (1) persepsi siswa tentang fungsi LKS cenderung setuju dan masih termasuk dalam kualifikasi sebagian kecil(39 3%) jadi fungsi LKS masih kurang efektif (2) Persepsi siswa tentang manfaat LKS sebagian cenderung setuju(52 3%) jadi manfaat LKS sudah termasuk efektif (3) Persepsi siswa tentang penggunaan LKS sebagian cenderung setuju(47 4%) jadi penggunaannya sudah termasuk efektif. Dari ketiga jawaban rumusan masalah tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa cenderung setuju terhadap fungsi manfaat dan penggunaan terhadap LKS di SMP Negeri I Papar Kediri tetapi masih ada yang kurang efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini siswa mempunyai persepsi setuju terhadap adanya LKS sehingga dapat disarankan bagi para guru matapelajaran Seni Budaya agar menggunakan LKS dalam proses i pembelajaran agar dalam kegiatan belajar mengajar dapat optimal dan efektif dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta sebagai pertimbangan untuk lebih menekankan pengajaran secara individual untuk siswa haruslah mempunyai persepsi positif terhadap LKS karena merupakan salah satu sumber belajar. Pada peneliti selanjutnya dapat mengkaji tentang efektivitas penggunaan LKS Seni Budaya dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa baik dalam intrakulikuler maupun ekstrakulikuler. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12517

Actions (login required)

View Item View Item