Hubungan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung pada mata pelajaran seni budaya / Riska Roniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung pada mata pelajaran seni budaya / Riska Roniawan

Roniawan, Riska (2010) Hubungan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung pada mata pelajaran seni budaya / Riska Roniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Roniawan Riska. 2008. Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Moeljadi Pranata M.Pd. (II) Drs. Muhadjir. Kata kunci motivasi berprestasi hasil belajar pendidikan seni korelasi Prestasi belajar seorang siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor tersebut meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa meliputi faktor fisik (keadaan fisik kondisi panca indera) dan aspek psikologis (minat motivasi bakat kemampuan kognitif). Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa meliputi aspek lingkungan sosial lingkungan alam dan aspek instrumental. Motivasi berprestasi sebagai salah satu faktor dalam diri siswa akan menjadi alat penggerak yang mendorong siswa untuk mencapai taraf prestasi belajar yang setinggi mungkin demi penghargaan pada diri sendiri. Dalam pencapaian prestasi belajar yang diharapkan siswa melakukan suatu karya prestasi lebih baik dari prestasi karya orang lain yang diwujudkan dalam keberhasilan menyelesaikan tugas-tugasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung pada mata pelajaran Seni Budaya. Variabel bebas penelitian ini adalah motivasi berprestasi (x) dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar pada mata pelajaran Seni Budaya (y). Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif korelasional dengan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis prosentase dan Korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Subjek penelitian sebanyak 130 siswa yang diambil dari populasi siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung pada mata pelajaran Seni Budaya berada pada kategori sedang (43 3%). Prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung pada mata pelajaran Seni Budaya berada pada kategori sedang (59 2%). Tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung pada mata pelajaran Seni Budaya (rhitung - 0 137 rtabel dengan N 130 Sig. 5% 0 172). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tulungagung pada mata pelajaran Seni Budaya. Sehingga disarankan bagi peneliti yang tertarik pada permasalahan yang sama hendaknya menindaklanjuti dengan jangka waktu yang lama sampel yang lebih besar dan memperluas cakupan variabelnya misalnya minat sosial ekonomi atau variabel lainnya. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12514

Actions (login required)

View Item View Item