Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran seni budaya di SMPN Kebo Kicak Jombang / Indra wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran seni budaya di SMPN Kebo Kicak Jombang / Indra wardani

Wardani, Indra (2010) Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran seni budaya di SMPN Kebo Kicak Jombang / Indra wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Indra. 2008. Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMPN Kebo Kicak Jombang. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Moeljadi Pranata M. Pd (II) Drs. Eko Budi Winarno. Kata Kunci pelaksanaan pembelajaran seni budaya. Mata pelajaran Seni Budaya pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya. Di dalamnya tetap mencakup Seni Rupa Seni Tari Seni Musik dan Seni Teater (drama) namun dengan pendekatan budaya terutama budaya lokal daerah setempat. Sifat-sifat yang melekat pada pendidikan seni antara lain imajinatif sensibilitas kebebasan dan memberikan peluang bagi terciptanya proses pengembangan kreativitas dan apresiatif. Penerapan KTSP memberikan peluang bagi setiap sekolah untuk menyusun kurikulumnya sendiri. Untuk itu tiap guru yang akan mengajar di kelas dituntut memiliki kemampuan untuk menyusun kurikulum yang tepat bagi peserta didiknya. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian untuk menggali bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Seni Budaya di SMPN Kebo Kicak Jombang. Rancangan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian ini ialah dua orang guru Seni Budaya di SMPN Kebo Kicak Jombang. Data yang diperoleh ditrianggulasi dengan menggunakan trianggulasi metode dan sumber. Variabel-variabel yang diusut meliputi (a) persiapan pembelajaran (b) pelaksanaan pembelajaran (c) penilaian pembelajaran dan (d) sumberdaya dukung dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menemukan hasil bahwa guru Seni dan Budaya telah melakukan persiapan pembelajaran sebelum mereka melakukan pembelajaran. Guru dapat melakukan persiapan dengan baik karena faktor (a) latar belakang pendidikan yang sesuai (b) pengalaman belajar yang cukup lama serta (c) terbiasa membuat persiapan yang sama sejak KBK. Guru juga tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam melaksanakan pembelajaran. Dalam hal ini guru mampu mengembangkan tujuan materi media dan metode dengan relatif baik. Penelitian ini juga menemukan bahwa guru melakukan penilaian pembelajaran Seni dan Budaya sesuai dengan KTSP. Hal ini karena penilaian masih dipengaruhi oleh kebijakan sekolah yang berorientasi pada penggunaan materi dan dipengaruhi oleh pelaksanaan kurikulum tradisional. Usaha guru untuk menerapkan pembelajaran secara maksimal juga terkendala atau keterbatasan sumberdaya dukung. Pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya menurut KTSP belum didukung oleh ketersediaan studio seni (peralatannya) serta buku-buku memadai yang seharusnya diketahui penerintahan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan belajar mengajar Seni Budaya di SMPN Kebo Kicak Jombang masih dipengaruhi oleh pola kurikulum berbasis materi. Meskipun demikian guru Seni dan Budaya terus berusaha agar dapat menjalankan KTSP dengan sungguh-sungguh dan benar. Disarankan agar untuk penelitian lanjutan diadakan penelitian serupa utamanya untuk sekolah-sekolah di wilayah pinggiran kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12512

Actions (login required)

View Item View Item