Pengembangan bahan ajar model inkuiri terbimbing berbasis e-learning yang dilengkapi augmented reality pada materi senyawa hidrokarbon / Siti Rochmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar model inkuiri terbimbing berbasis e-learning yang dilengkapi augmented reality pada materi senyawa hidrokarbon / Siti Rochmawati

Rochmawati, Siti (2020) Pengembangan bahan ajar model inkuiri terbimbing berbasis e-learning yang dilengkapi augmented reality pada materi senyawa hidrokarbon / Siti Rochmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil survei banyak peserta didik yang belum mampu memahami materi senyawa hidrokarbon yang ada dalam kimia. Peserta didik kesulitan dalam memahami konsep bentuk molekul dan isomer senyawa hidrokarbon. Bahan ajar yang umum digunakan adalah buku teks dan kurang jelas dalam menggambarkan bentuk molekul senyawa hidrokarbon. Mengakibatkan peserta didik tidak mampu memahami proses yang terjadi pada level partikulat. Pengembangan bahan ajar yang dapat mengakomodasi tiga jenis representasi kimia menjadi salah satu cara untuk membantu peserta didik memahami materi. E-learning dapat dipilih sebagai bahan ajar karena memberikan keluasan waktu belajar bagi peserta didik. Dalam menggambarkan objek yang bersifat abstrak dapat dilakukan dengan teknologi augmented reality. Bahan ajar juga perlu disusun dengan mengadopsi model pembelajaran. Model yang sesuai dengan karakteristik materi adalah model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis E-Learning dengan model Inkuiri Terbimbing dan dilengkapi Augmented Reality sebagai bahan ajar yang layak digunakan khususnya pada materi senyawa hidrokarbon untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Multimedia Instructional Design oleh Lee amp Owens dengan tahapan (1) analisis/penilaian (2) perancangan dan (3) pengembangan. Kelayakan hasil pengembangan dilihat dari hasil validasi dan uji keterbcaan. Validasi dilakukan oleh satu dosen kimia UM dan satu guru kimia di SMAN 10 Malang. Uji keterbacaan dilakukan oleh 20 peserta didik SMAN 10 Malang. Dari hasil validasi dan uji keterbacaan didapatkan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran sedangkan data kuantitatif berupa skor penilaian. Perolehan data kuantitatif kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Dihitung persentase jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan. Bahan ajar dapat diakses secara online melalui web e-learning.um.ac.id. Bahan ajar menampilkan beragam media seperti power point video gambar dan augmented reality bentuk molekul senyawa hidrokarbon. Materi yang disajikan lengkap sesuai dengan model inkuiri terbimbing. Hasil validasi bahan ajar untuk aspek media diperoleh rata-rata skor 91 2% dan 85 5% untuk aspek materi. Hasil uji keterbacaan diperoleh rata-rata skor 88 4%. Berdasarkan hasil tersebut bahan ajar terkategorikan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125109

Actions (login required)

View Item View Item