Pengaruh integrasi game online socrative dalam pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam / Desi Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh integrasi game online socrative dalam pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam / Desi Wahyuningsih

Wahyuningsih, Desi (2020) Pengaruh integrasi game online socrative dalam pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam / Desi Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu kimia merupakan bagian dari ilmu sains yang mempelajari mengenai struktur sifat dan perubahan zat dengan hukum serta prinsip yang menjelaskan perubahannya. Ilmu kimia juga memiliki berbagai konsep yang kompleks dan abstrak yang harus dipahami hal tersebut menjadikan ilmu kimia secara teknis tidak mudah dipahami dan kurang menarik bagi peserta didik. Oleh sebab itu penyampaian materi harus menarik perhatian peserta didik sehingga membuat peserta didik merasa senang yang mengakibatkan motivasi dan hasil belajar menjadi meningkat. Integrasi game online socrative dalam pembelajaran kooperatife tipe team games tournament (TGT) pada materi kimia diduga dapat memberikan suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan pemahaman terhadap konsep-konsep yang bersifat abstrak dengan melibatkan adanya perhitungan menggunakan rumus yang beragam yang terdapat pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai pengaruh integrasi game online Socrative pada hasil dan motivasi belajar peserta didik serta hubungan kedua variabel pada materi hidrolisis garam. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental semu dengan pretest posttest control group design. Kelas eksperimen diberi perlakuan implementasi model sekaligus metode yang diteliti yakni menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) berbasis game online Socrative. Sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan implementasi model TGT kartu soal. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi instrumen perlakuan yang terdiri dari silabus RPP LKPD dan media pembelajaran yang diterapkan (Socrative dan kartu soal) dan instrumen pengukuran yang terdiri atas lembar observasi soal tes dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis (uji anacova dan uji-t) dan uji korelasi (product-moment). Hasil penelitian menunjukkan (1) Integrasi game online Socrative berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 pada hasil uji anacova. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi (83 70) dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol (73 28). Hal ini berarti bahwa metode pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen memiliki pengaruh yang lebih tinggi terhadap hasil belajar peserta didik. (2) Integrasi game online Socrative dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 pada uji t-test. Hasil ini didukung dengan nilai rata-rata skor motivasi kelas eksperimen (130 38) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (104 56). Ini berarti bahwa metode pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen memiliki pengaruh yang lebih tinggi terhadap motivasi belajar peserta didik. (3) Terdapat hubungan yang sangat kuat dan terjadi korelasi positif antara motivasi belajar dan hasil belajar dengan nilai pearson correlation (t) sebesar 0 884. Jika motivasi belajar semakin tinggi maka hasil belajar semakin tinggi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125106

Actions (login required)

View Item View Item