Pengembangan bahan ajar berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMA pada materi asam basa / Fadhilla Agustina Suwahyu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMA pada materi asam basa / Fadhilla Agustina Suwahyu

Suwahyu, Fadhilla Agustina (2019) Pengembangan bahan ajar berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMA pada materi asam basa / Fadhilla Agustina Suwahyu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suwahyu Fadhilla Agustina. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Asam Basa. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing (I) Dr. H. Ridwan Joharmawan M.Si. (II) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd Kata Kunci Asam Basa Socio Scientific Issues (SSI) Argumentasi Ilmiah Pembelajaran kimia di sekolah pada umumnya cenderung menekankan pada pemahaman konsep atau sains yang tidak mengaitkan antara sains dan pembelajaran yang ada di lingkungan. Untuk dapat mengolaborasi keduanya dibutuhkan keterampilan yang sesuai salah satunya dengan menggunakan argumentasi ilmiah. Selain itu dibutuhkan juga bahan ajar yang memadai untuk dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah. Dengan menggunakan bahan ajar yang berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) dapat meningkatkan kemampuan intelektual kemampuan komunikasi sikap sosial dan kemampuan berargumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) pada materi Asam basa yang sesuai kurikulum 2013. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah model penelitian dan pengembangan yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak dengan persentase validasi materi sebesar 78 81 % yang terdiri dari aspek kelayakan bahan ajar sebesar 77 08% aspek konstruk sebesar 80 55% aspek kebahasaan sebesar 81 24% aspek tata letak dan tampilan bahan ajar sebesar 76 38% aspek pengantar pembelajaran 77 77% aspek cakupan kompetensi 80 55% dan aspek pedoman penskoran sebesar 58 3%. Pada validasi keterbacaan bahan ajar sebesar 80%. Berdasarkan nilai persentasi hasil validasi isi dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran kimia khususnya materi Asam Basa di dalam dan di luar kelas. Berdasarkan hasil uji keterbacaan yang telah dilakukan siswa dapat menyatakan klaim dengan benar sebesar 70% dapat menyatakan bukti dengan benar sebesar 61 67% serta dapat menyatakan alasan ilmiah dengan benar sebesar 56 67%. Dari hasil persentase dari uji keterbacaan yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas XI dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125102

Actions (login required)

View Item View Item