Pengembangan bahan ajar kimia materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis model pembelajaran inkuiri ilmiah untuk SMA/MA kelas X / Abdul Ajid Takamokan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis model pembelajaran inkuiri ilmiah untuk SMA/MA kelas X / Abdul Ajid Takamokan

Takamokan, Abdul Ajid (2019) Pengembangan bahan ajar kimia materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis model pembelajaran inkuiri ilmiah untuk SMA/MA kelas X / Abdul Ajid Takamokan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Afiat Aras Hanif. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Problem Based Learning dengan Scaffolding Konseptual dan Metakognitif Topik Usaha dan Energi Analisis Kuantitatif dan Kualitatif. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M. Pd. M. A. (II) Dr. Hari Wisodo S. Pd. M. Si. Kata Kunci kemampuan pemecahan masalah scaffodling konseptual scaffolding metakognitif problem based learning. Kemampuan pemecahan masalah telah dijadikan sebagai tujuan penting yang harus dicapai dalam pembelajaran. Peneliti senantiasa mencari metode yang tepat guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Meski demikian kendala yang sama kerap dialami oleh siswa seputar kemampuan pemecahan masalah. Pada bidang fisika siswa lebih banyak memecahkan permasalahan dengan cara plug and chug. Studi menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dapat dilakukan dengan pemberian permasalahan ill-structured yang dikemas dalam problem based learning. Melalui permasalahan ill-structured siswa tidak hanya harus memahami konsep saja tetapi juga harus memahami bagaimana mengaplikasikan konsep secara efektif. Selain itu untuk meminimalkan kesulitan siswa selama pembelajaran berlangung dapat dilakukan dengan pemberian scaffolding konseptual dan scaffolding metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh PBL dengan scaffolding konseptaual dan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan mixed method explanatory dengan model follow up explanations. Pada penelitian kuantitatif menggunakan desain eksperimen kuasi pre-test pos-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diambil dengan instrumen pengukur kemampuan pemecahan masalah yang berjumlah tujuh butir soal pemecahan masalah dengan reliabilitas 0 882. Hasil data dianalisis menggunakan uji ANKOVA. Sedangkan penelitian kualitatif dilakukan untuk mengetahui bagaimana scaffolding konseptual dan metakognitif membantu PBL dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dan mendeskripsikan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa untuk materi usaha dan energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan siswa yang diberi intervensi melalui PBL dengan scaffolding konseptual dan metakognitif dengan kelas konvensional. Berdasarkan hasil uji ANKOVA diperoleh signifikansi sebesar 0 011. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen setelah mengontrol kemampuan awal adalah 57 35 (SD 1 95) sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol setelah mengontrol kemampuan awal adalah 49 66 (SD 1 95). Itu menunjukkan bahwa pembelajaran PBL dengan scaffolding konseptual dan metakognitif memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini juga diperkuat melalui penelitian kualitatif yang menunjukkan bahwa siswa yang sebelumnya memecahkan masalah fisika dengan cara menghafal mulai mencoba memahami prinsip dan menerapkannya dalam menyelesaikan permasalahan fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125098

Actions (login required)

View Item View Item