Pengembangan bahan ajar berbasis scientific approach yang diperkaya augmented reality pada materi gaya antar molekul / Shafuratun Nafisah

Nafisah, Shafuratun (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis scientific approach yang diperkaya augmented reality pada materi gaya antar molekul / Shafuratun Nafisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nafisah, Shafuratun. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Scientific Approach yang Diperkaya dengan Augmented Reality pada Materi Gaya Antar Molekul. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. H. Yahmin, S.Pd, M,Si, (2) Dr. Munzil, S.Pd, M.Si. Kata kunci: bahan ajar, gaya antar molekul, augmented reality, kurikulum 2013. Pembelajaran kimia pada level SMA saat ini menggunakan kurikulum 2013 yang menuntut anak didik turut aktif dalam pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan belajar pada kurikulum 2013 adalah Scientific Approach. Ilmu kimia mempunyai karakteristik yaitu mencakup tiga representasi: makroskopik, simbolik, dan submikroskopik. Penggambaran level representasi sub mikroskopik dapat dilakukan dengan baik dengan adanya teknologi terutama animasi. Pada saat ini terdapat perkembangan yang sangat pesat di dalam bidang animasi sebagai contoh dengan munculnya teknologi yang bernama Augmented Reality. Teknologi tersebut memunculkan ide dilakukannya pengembangan bahan ajar yang dipadukan dengan konten Augmented Reality yang dapat membantu siswa dalam mengkonstruk konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar yang valid dan layak. Pengembangan bahan ajar menggunakan model Lee dan Owen (2004) hingga tahap ketiga yaitu tahap development. Desain validasi terdiri dari validasi media, validasi materi dan uji keterbacaan pada siswa. Dua jenis validasi tersebut bertujuan untuk mengetahui kelayakan konten baik materi maupun media di dalam bahan ajar yang dilakukan dengan menyebarkan angket pada validator yang terdiri dari dosen kimia Universitas Negeri Malang dan guru kimia SMA/MA. Uji keterbacaan dilakukan pada siswa sebagai pengguna bahan ajar untuk mengetahui tingkat kelayakan dari bahan ajar yang dikembangkan. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif berdasarkan angket penilaian baik validasi materi, media, maupun uji keterbacaan dan data kualitatif melalui komentar, saran, dan kritik yang diberikan oleh validator. Analisis data kuantitatif menggunakan rumus perhitungan persentase. Berdasarkan hasil validasi, bahan ajar didapatkan rata-rata persentase sebesar 83,7% dengan kriteria cukup valid dan pada uji coba terbatas didapatkan rata-rata persentase sebesar 85,5%. Komentar dan saran yang diberikan validator dan responden selanjutnya dikonsultasikan kepada dosen pembimbing yang kemudian digunakan sebagai acuan pada tahap revisi bahan ajar. Bahan ajar terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Bagian isi terdiri dari dua sub materi yaitu (1) Konsep Gaya Antar Molekul; dan (2) Hubungan Gaya Antar Molekul dengan Sifat Fisis Zat. Setiap submateri disajikan sesuai dengan tahapan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125097

Actions (login required)

View Item View Item