Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5E yang diperkaya augmented reality (3D) pada materi struktur atom untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas / Tri Shintia Ayu Lestari

Lestari, Tri Shintia Ayu (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5E yang diperkaya augmented reality (3D) pada materi struktur atom untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Atas / Tri Shintia Ayu Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lestari, Tri Shintia Ayu. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Learning Cycle 5E Yang Diperkaya Augmented Reality 3D Pada Materi Struktur Atom Untuk SMA/MA. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Siti Marfu’ah, M.S., (II) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Struktur Atom, Augmented reality, Learning Cycle 5E Kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk mempersiapkan siswa agar beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta dapat berkonstribusi di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia. Pada mata pelajaran kimia suatu hukum, prinsip, konsep, dan teori diperoleh dari percobaan yang dilakukan oleh penelitian. Selain itu untuk memahami mata pelajaran kimia harus mengacu pada tiga konsep representasi yaitu makroskopi, mikroskopik dan sub mikroskopik. Salah satu strategi untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu adanya bahan ajar. Bahan ajar dapat dikembangkan dengan menerapkan model pembelajaran seperti learning cycle 5E dan penambahan media pembelajaran seperti augmented reality 3D. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan bahan ajar berbasis learning cycle 5E yang diperkaya augmented reality (3D) pada materi struktur atom untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas yang valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan research & development yang dikemukakan oleh Lee & Owens (2014). Langkah-langkah dalam penelitian meliputi: (1) penilaian/analisis (assessment/analysis) yang terdiri dari analisis kebutuhan (need assessment) dan analisis awal dan akhir (front-end analysis), (2) desain (design), (3) pengembangan (development). Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5E yang diperkaya augmented reality divalidasi oleh dua validator dan uji keterbacaan dilakukan oleh 23 siswa Brawijaya Smart School. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Apabila hasil dari analisis validasi mencapai nilai ≥61% maka produk pengembangan bahan ajar telah layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dan mudah dipahami oleh pembaca. Apabila hasil dari analisis validasi ≤61%, maka produk pengembangan bahan ajar belum layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dan tidak mudah dipahami oleh pembaca, sehingga perlu direvisi. Hasil validasi isi bahan ajar oleh validator bahan ajar yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 78.8 dengan kategori layak untuk digunakan. Hasil validasi media pembelajaran yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 76.8 dengan kategori layak untuk digunakan. Hasil uji keterbacaan bahan ajar oleh siswa menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 87.8 dengan kriteria sangat mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125075

Actions (login required)

View Item View Item