Upaya peningkatan kompetensi guru pendidikan seni sebagai implementasi dari UU RI No. 14 tahun 2005 SMA Negeri di Kabupaten Jombang / Yudha Rachman Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan kompetensi guru pendidikan seni sebagai implementasi dari UU RI No. 14 tahun 2005 SMA Negeri di Kabupaten Jombang / Yudha Rachman Wijaya

Yudha Rachman Wijaya (2008) Upaya peningkatan kompetensi guru pendidikan seni sebagai implementasi dari UU RI No. 14 tahun 2005 SMA Negeri di Kabupaten Jombang / Yudha Rachman Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan merupakan hal yang mutlak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Posisi strategis guru untuk meningkatkan hasil pendidikan sangat dipengaruhi oleh kemampuan professional dan faktor kesejahteraanya. Menurut UU RI No. 14 guru wajib memiliki kualifikasi akademik kompetensi sertifikat pendidik sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional (UURI No. 14 2005. Pasal 8). Oleh karena itu penulis bermaksud meneliti kondisi kompetensi profesionalisme sudut pandang guru seni dan kepala sekolah mengingat interaksi antar komponen yang ada dalam sekolah memungkinkan masing-masing komponen (guru dan kepala sekolah) akan saling memberi tanggapan sebagai upaya peningkatan kompetensi Sebagai Implementasi Dari UU RI No.14 Tahun 2005 Tentang Profesionalisme Guru SMA Negeri di Kabupaten Jombang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan kondisi kompetensi guru seni SMA Negeri di Kabupaten Jombang upaya yang dilakukan oleh guru seni dalam meningkatkan kompetensinya SMA Negeri di Kabupaten Jombang dan upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru seni di SMA Negeri di Kabupaten Jombang Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif presentil. Subyek penelitian ini adalah guru seni SMA Negeri di Kabupaten Jombang baik PNS maupun Guru Tidak Tetap (Honorer) dengan menggunakan teknik purposif random sampling sederhana diperoleh sample 13 guru seni dan 12 Kepala Sekolah. Sebagai data utama melalui kuesioner digunakan teknik analisa data prosentase data pendukung yaitu dengan wawancara terbuka sebagai penguat data utama. Hasil penelitian ini sebagai berikut Pertama Kondisi kompetensi guru seni SMA Negeri di Kabupaten dianalisa melalui (1) Kualifikasi akademik formal banyak yang belum sesuai sebagaimana dipersyaratkan undang-undang (2) Ditemukan banyak guru mempunyai kualifikasi akademik non formal (3) Pengalaman mengajar banyak sudah berpengalaman meskipun dibawah minimal sebagaimana dipersyaratkan undang-undang. Kedua Upaya guru seni dalam meningkatkan kompetensinya SMA Negeri di Kabupaten Jombang dianalisa melalui (1) sedikit guru yang melajutkan ke jenjang yang lebih tinggi sebagamana telah dipersyaratkan undang-undang menunjukkan (2) banyak guru aktif mengikuti seminar lokakarya workshop atau pendidikan tambahan yang sesuai dengan bidang keilmuannya. Ketiga Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru seni SMA Negeri di Kabupaten Jombang dianalisa melalui (1) banyak yang memberikan dorongan motivasi kepada guru untuk senantiasa meningkatkan kompetensinya terutama bidang mata pelajaran yang di ampu oleh guru (2) banyak yang memberikan kesempatan bagi guru yang melanjutkan studi (3) banyak yang mengadakan evaluasi yang berkelanjutan meskipun pada kenyataannya kepala sekolah sendiri yang tidak memberikan langkah nyata akan hal itu (4) banyak yang memberikan reward kepada guru yang melanjutkan studi atau berprestasi. Selayaknya tugas depdiknas untuk tetap meningkatkan kompetensi guru dan memberikan seleksi khusus bagi calon guru pendidikan seni baru yang lebih berkompetensi sesuai undang-undang yang tercantum dalam UU Guru dan Dosen. Lain dari pada itu hendaklah depdiknas dan MGMP lebih intensif memberikan upaya-upaya pelatihan bagi guru kesenian secara terencana sistematis dan terprogram juga evaluasi dan penghargaan yang berkelanjutan terhadap kinerja para guru sehingga lebih menjamin terwujudnya profesionalisme guru kesenian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12504

Actions (login required)

View Item View Item