Pengembangan Bahan Ajar Hidrokarbon Berbasis POGIL yang Berorientasi Scientific Argumentation - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Bahan Ajar Hidrokarbon Berbasis POGIL yang Berorientasi Scientific Argumentation

Fitri, Hanis Milenia (2021) Pengembangan Bahan Ajar Hidrokarbon Berbasis POGIL yang Berorientasi Scientific Argumentation. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar materi hidrokarbon yang berbasis model POGIL dan berorientasi argumentasi ilmiah. Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang disederhanakan menjadi 3-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Kelayakan bahan ajar diuji melalui angket validasi ahli dan uji keterbacaan. Validator ahli adalah 2 Dosen Kimia Universitas Negeri Malang dan 1 Guru Kimia SMAN 1 Batu. Subjek uji keterbacaan adalah 15 siswa kelas XII SMAN 1 Batu. Pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli dan angket keterbacaan. Data dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil validasi oleh validator ahli diperoleh rata- rata 89,49% dengan kategori sangat layak, dan uji keterbacaan menghasilkan nilai rata- rata 93,67% dengan kategori sangat layak. Data tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar hidrokarbon yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: argumentasi ilmiah, bahan ajar, hidrokarbon, POGIL
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:31
Last Modified: 12 Jan 2022 02:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1250

Actions (login required)

View Item View Item