Fitri, Hanis Milenia (2021) Pengembangan Bahan Ajar Hidrokarbon Berbasis POGIL yang Berorientasi Scientific Argumentation. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar materi hidrokarbon yang berbasis model POGIL dan berorientasi argumentasi ilmiah. Penelitian pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang disederhanakan menjadi 3-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Kelayakan bahan ajar diuji melalui angket validasi ahli dan uji keterbacaan. Validator ahli adalah 2 Dosen Kimia Universitas Negeri Malang dan 1 Guru Kimia SMAN 1 Batu. Subjek uji keterbacaan adalah 15 siswa kelas XII SMAN 1 Batu. Pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli dan angket keterbacaan. Data dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil validasi oleh validator ahli diperoleh rata- rata 89,49% dengan kategori sangat layak, dan uji keterbacaan menghasilkan nilai rata- rata 93,67% dengan kategori sangat layak. Data tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar hidrokarbon yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | argumentasi ilmiah, bahan ajar, hidrokarbon, POGIL |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 02:31 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 02:31 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1250 |
Actions (login required)
View Item |