Kritik terhadap lukisan karya Gatot Pujiarto periode 2005 / oleh Novi Agus Siswanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Kritik terhadap lukisan karya Gatot Pujiarto periode 2005 / oleh Novi Agus Siswanto

Novi Agus Siswanto (2009) Kritik terhadap lukisan karya Gatot Pujiarto periode 2005 / oleh Novi Agus Siswanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bermula dari ketertarikan peneliti ketika melihat karya-karya lukisan seorang seniman. Peneliti sebagai penikmat/penghayat karya seni mendapatkan kesan dan timbul emosi tersendiri apabila berhadapan dengan karya Gatot Pujiarto yang cenderung kearah pemakaian warna objek dan background gelap/suram dan terkesan ekspresif sehingga dapat melahirkan berbagai pemaknaan. Untuk mengkaji karya seni lukis ini digunakan metode penelitian dengan pendekatan kritik holistik dengan bersumber pada tiga komponen kehidupan seni yaitu seniman karya seni dan penghayat. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor genetik Gatot Pujiarto faktor objektif karya faktor afektif dari peneliti terhadap karya lukisan dan nilai-nilai yang terkandung dalam lukisan Gatot Pujiarto. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pendekatan kritik holistik. Karya diambil 4 karya lukisan Gatot Pujiarto periode 2005 pengambilan sampel melalui dasar pertimbangan bahwa keempat karya ini menarik bagi peneliti untuk digunakan dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara observasi dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data digunakan pendekatan kritik holistik sehingga kerangka kerja penelitian berdasarkan tiga komponen kehidupan seni yang menjadi sumber informasi. Dari penelitian yang dilakukan yaitu informasi genetik Gatot Pujiarto informasi objektif karya lukisan dan interpretasi berupa afeksi dari peneliti yang bertindak sebagai penghayat karya diperoleh kesimpulan bahwa Dengan kematangan berproses kreatif /kerja seni Gatot Pujiarto dapat memvisualisasikan ide melalui jalan bawah sadar (intuitif) pengalaman melihat (secara langsung dan tidak langsung) mendengar dan merasakan sehingga dapat terwujud lukisan pada bidang kanvas dengan bentuk imajinatif cenderung ekspresif dan terkesan menggunakan gaya ungkap kontemporer. Gatot ingin memberikan gambaran tentang realitas kehidupan perilaku pengalaman hidup (keseharian) serta nilai-nilai yang ada pada manusia. Semua objek yang hadir adalah kenyataan (realitas) yang ada pada lingkungan sekitarnya pada saat sekarang. Berdasarkan karya-karya yang dihasilkan Gatot cenderung lebih mengarah pada sebuah sisi kehidupan atau dapat dikatakan sebagai figur seniman humanis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12496

Actions (login required)

View Item View Item