Studi tentang model pembelajaran kerajinan tangan dan kesenian di MTsN Malang 1 / oleh Akhid Khusnan Roziqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang model pembelajaran kerajinan tangan dan kesenian di MTsN Malang 1 / oleh Akhid Khusnan Roziqi

Akhid Khusnan Roziqi (2009) Studi tentang model pembelajaran kerajinan tangan dan kesenian di MTsN Malang 1 / oleh Akhid Khusnan Roziqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelajaran Kesenian atau juga disebut dengan Kerajinan Tangan dan Kesenian sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SLTP juga menjadi bahasan dalam mengembangkan model pembelajaran yang berorientasi pada optimalnya hasil pembelajaran yang dapat menelorkan output yang handal di bidang ini. Terkait dengan model pembelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian penelitian ditujukan pada guru Kesenian yang mengajar di MTsN Malang 1. MTsN Malang 1 sebagai salah satu lembaga pendidikan yang didalamnya juga mengajarkan Kesenian juga memiliki berbagai fasilitas Kesenian dan kegiatan Kesenian. Fasilitas keseniannya berupa ruang kesenian dan studio musik dan kegiatan seni antara lain pameran lukisan pertunjukan tari band dan shalawat. Pelajaran kesenian mempunyai berbagai tipe bahan ajar yang ada di dalamnya yang meliputi pengetahuan seni produksi seni dan apresiasi seni dan model Pembelajaran khusus dalam bidang seni ada tiga macam antara lain (1) Model Aprentisip (2) Model Progresif dan (3) Model Akademik. Penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif peneliti berperan langsung sebagai perencana pelaksana pengumpul data analisis data dan sekaligus pelapor data. Penelitian berada di MTsN Malang 1 Jl. Bandung 7 Malang sumber data yang menggunakan data primer yang didapat dari informan/peristiwa pembelajaran dan data sekunder yang didapat dari data dokumentasi mengenai pra pembelajaran media sumber dan sarana prasarana pembelajaran. Sedangkan prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi teknik interview dan teknik dokumentasi. Tahapan-tahapan analisis data terdiri dari reduksi data penyajian data dan mengambil kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui metode triangulasi dan pengecekan referensi. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra penelitian tahap penyelenggaraan penelitian dan tahap pasca penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kerajinan tangan dan kesenian yang dilaksanakan di MTsN Malang 1 untuk bahasan pengetahuan seni menggunakan model akademik dan bahasan produksi seni juga memakai model akademik sedangkan bahasan apresiasi seni memakai model progresif. Saran-saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) Bagi guru kesenian dalam penggunaan media pembelajaran hendaknya mempertimbangkan karakteristik siswa. Evaluasi pembelajaran hendaknya tidak hanya menggunakan evaluasi hasil pembelajaran namun juga menggunakan evaluasi proses pengajaran (2) Bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Seni Rupa hendaknya meningkatkan fungsi dan perannya dalam kegiatan-kegiatan pengajaran (3) Bagi jurusan Seni dan Desain hendaknya memberikan penyuluhan dan/ atau pelatihan kepada guru-guru Kesenian dalam bidang pendidikan seni dan pengajarannya di sekolah sehingga akan mengetahui tentang unsur-unsur pengajarannya yang mudah dan baik (efektif dan efisien yang menghasilkan pembelajaran optimal) yang dapat diterapkan ke siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item View Item