Pelaksanaan pembelajaran kompetensi membatik tulis dengan menggunakan canting tradisional di Jurusan Kriya Tekstil SMK Negeri 5 Malang kurikulum 2004 / oleh Andhani Fajar Sefendy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran kompetensi membatik tulis dengan menggunakan canting tradisional di Jurusan Kriya Tekstil SMK Negeri 5 Malang kurikulum 2004 / oleh Andhani Fajar Sefendy

Andhani Fajar Sefendy (2009) Pelaksanaan pembelajaran kompetensi membatik tulis dengan menggunakan canting tradisional di Jurusan Kriya Tekstil SMK Negeri 5 Malang kurikulum 2004 / oleh Andhani Fajar Sefendy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembaharuan kurikulum sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia sudah beberapa kali dilakukan yakni kurikulum 1968 1975 1984 1994 dan paling baru adalah kurikulum 2004 yang lebih dikenal dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi atau disingkat dengan KBK. Pembelajaran di SMK adalah bertujuan untuk membekali peserta didik life skill agar setelah mereka lulus dapat mengaplikasikan kemampuannya di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Kompetensi Membatik Tulis Dengan Menggunakan Canting Tradisional di Jurusan Kriya Tekstil SMK Negeri 5 Malang Kurikulum 2004. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus metode yang digunakan adalah metode observasi wawancara dan dokumentasi. Objek dan subjek yang menjadi bahan penelitian ini adalah guru dan pelaksanaan pembelajaran kompetensi membatik tulis dengan menggunakan canting tradisional. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi data dari guru dan siswa dokumentasi dan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMK Negeri 5 Malang menekankan pada pembelajaran life skill untuk menyiapkan siswa agar kompeten dalam bidang kejuruan. Pelaksanaan pembelajaran meliputi (1) persiapan pembelajaran kompetensi batik tulis dilaksanakan dengan menyusun satuan acara pembelajaran yang terdiri dari sub kompetensi materi pokok pembelajaran substansi non instruksional metode penilaian strategi/ skenario pembelajaran alokasi waktu sumber pembelajaran (2) proses pembelajaran melalui langkah- langkah menyiapkan kelas membuka pelajaran inti pembelajaran dan menutup kelas. (3) penilaian yang dilakukan menggunakan metode observasi test tulis demonstrasi/ performance dan penugasan. Aspek yang dinilai meliputi kompetensi sikap pengetahuan dan keterampilan. Sistem modul yang di terapkan belum sesuai dengan pedoman kurikulum 2004 karena modul yang di gunakan merupakan pengembangan dari SAP yang disusun oleh guru pembimbing. Berdasarkan hasil penelitian disarankan supaya diadakan penelitian lebih lanjut tentang pelaksanaan kurikulum 2004 dengan menggunakan pendekatan survei dengan beberapa sekolah yang sejenis. Perlu diadakan pengenalan lebih mendalam tentang sekolah kejuruan. Untuk mengetahui hal-hal yang substansional dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas melalui workshop atau seminar pendidikan kejuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12489

Actions (login required)

View Item View Item