Profil enam pelukis alumni Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang / oleh Andharta Yayang Rediansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil enam pelukis alumni Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang / oleh Andharta Yayang Rediansyah

Andharta Yayang Rediansyah (2009) Profil enam pelukis alumni Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang / oleh Andharta Yayang Rediansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Universitas Negeri Malang Jurusan Seni dan Desain banyak menyumbang pelukis senior maupun pelukis muda yang naik daun yang telah berperan dalam perkembangan kehidupan kesenian kota Malang khususnya di bidang seni lukis sehingga dirasa penting untuk diteliti Jenis-jenis perwujudan bentuk lukisan peran fungsi dan kedudukan serta faktor-faktor yang mempengaruhi penciptaan lukisan enam pelukis alumni jurusan seni dan desain Universitas Negeri Malang. Untuk mencapai tujuan penelitian ini menggunakan Analisis analisis profil yaitu analisis tentang jenis-jenis perwujudan bentuk lukisan peran fungsi dan kedudukan serta faktor-faktor yang pengaruhi dalam penciptaan karya seni lukis. Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan data terhadap jenis-jenis perwujudan bentuk lukisan peran kedudukan dan fungsi serta faktor-faktor yang mempengaruhi penciptaan lukisan Enam Pelukis Alumni Jurusan Seni dan desain Universitas Negeri Malang menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui Jenis-jenis perwujudan bentuk lukisan peran fungsi dan kedudukan serta faktor-faktor yang mempengaruhi penciptaan lukisan Enam Pelukis Alumni Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa perwujudan bentuk lukisan Enam Pelukis Alumni Jurusan Seni dan desain Universitas Negeri Malang dapat dibedakan antara lain lukisan figuratif representasional yang berjenis ekspresionis lukisan non figuratif yang berjenis abstrak ekspresionis lukisan fiiguratif yang berjenis realis lukisan fiiguratif representasional yang berjenis naif. Bahasa visual yang demikian ini dipengaruhi oleh faktor dari dalam diri pelukis maupun faktor dari lingkungan. Sedangkan peran fungsi dan kedudukan enam pelukis Alumni UM jurusan seni dan desain yang menjadi subyek dalam penelitian ini merupakan pelukis senior dan pelukis muda yang sedang naik daun yang berperan sebagai motivator inovator inspirator dan fasilitator bagi pelukis muda/pemula di kota Malang Raya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12488

Actions (login required)

View Item View Item