Pengembangan media autoplay untuk melatih kosakata bahasa Mandarin bagi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Kartika Indra Murti

Murti, Kartika Indra (2019) Pengembangan media autoplay untuk melatih kosakata bahasa Mandarin bagi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Kartika Indra Murti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Murti, Kartika Indra. 2018. Pengembangan Media Autoplay untuk Melatih Kosakata Bahasa Mandarin bagi Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Tiksno Widyatmoko, M.A. Kata Kunci: media, autoplay, kosakata Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran autoplay untuk melatih kosakata bagi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Media pembelajaran ini disusun berdasarkan kosakata yang bertemakan 家庭(keluarga). Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan yang dilakukan oleh Sugiyono (2015:409). Penelitian ini memiliki enam tahap, meliputi(1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk, dan (6) uji coba produk. Media autoplay ini telah diujicobakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pengujian yang dilakukan uji coba pada ahli materi dan ahli media. Tahap kedua adalah pengujian yang dilakukan pada subjek coba yakni pengguna akhir atau siswa. Jenis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kualitatif . Data yang diperoleh dari angket dan observasi kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatatif. Produk media pembelajaran autoplay ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi oleh ahli materi yaitu media autoplay yang bertemakan 家庭 jiāt?¡ng (keluarga) sudah sesuai dengan tema dan tingkat kesulitan bagi siswa kelas XI yang belajar bahasa Mandarin.Validasi oleh ahli media diperoleh hasil bahwa keseluruhan tampilan media autoplay ini sudah menarik dengan proporsi dan kombinasi yang baik. Berdasarkan hasil pengamatan ketiga observer diketahui bahwa penyajian media autoplay ini menurut observer sudah dinilai cukup baik dalam hal isi materi dan dalam hal kemenarikan tampilan media bagi pembelajaran siswa kelas XI yang belajar bahasa Mandarin. Dari hasil keseluruhan tersebut dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh menunjukkan media pembelajaran utoplay untuk melatih kosa kata bahasa Mandarin bagi siswa kelas XI layak digunakan dengan kriteria yang valid. v

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12487

Actions (login required)

View Item View Item