Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X Lintas Minat SMAN 1 Batu / Elviano Bagus Arifianto

Arifianto, Elviano Bagus (2019) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X Lintas Minat SMAN 1 Batu / Elviano Bagus Arifianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Arifianto, Elviano Bagus 2018, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X Lintas Minat SMAN 1 Batu. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Herri Akhmad Bukhori, M.A., M.Hum. Kata Kunci: model pembelajaran Jigsaw, keterampilan berbicara Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin dan tanggapan siswa kelas X lintas minat bahasa Mandarin SMAN 1. Langkah penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner, dan studi kepustakaan menggunakan skala likert. Teknik analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda (multi linear regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw yang terdiri atas pelafalan (X1), kosakata (X2), dan pemahaman (X3) secara bersama memiliki pengaruh yang positif. Persamaan regresi Y = 0,706 + 0,972X1 + (-0,077)X2 + 0,052X3 + 0,875. Melalui uji F, dapat dilihat bahwa kualitas pelafalan memiliki signifikansi sebesar 0,000 atau 0%. Namun berdasarkan uji parsial (t), semua variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa dengan tingkat signifikan untuk pelafalan sebesar 000 atau 0% ; kosakata sebesar 003 atau 0,03% ; pemahaman sebesar 000 atau 0%. Dari 3 variabel yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas X lintas Minat bahasa Mandarin SMAN 1 Batu, variabel yang paling dominan adalah variabel pelafalan berdasarkan hasil uji t. Variabel pelafalan mempunyai nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔(9,907) > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2,024) paling besar dibandingkan dengan variabel lainnya, dengan signifikan yang diisyaratkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12486

Actions (login required)

View Item View Item