Pengembangan media 生活游戏 shenghuo youxi untuk melatih penguasaan kosakata HSK 4 mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Fakhriyatul Azizah

Azizah, Fakhriyatul (2019) Pengembangan media 生活游戏 shenghuo youxi untuk melatih penguasaan kosakata HSK 4 mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Fakhriyatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Azizah, Fakhriyatul. 2018. Pengembangan Media生活游戏Shēnghu?? y??ux?¼ Untuk Melatih Penguasaan Kosakata HSK 4 Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lilis Afifah, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: media, 生活游戏Shēnghu?? y??ux?¼, kosakata, HSK 4 Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan media生活游戏 [Shēnghu?? y??ux?¼]. Produk ini berisi materi pembelajaran terkait kosakata HSK 4. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah lembar angket dan lembar observasi. Data yang diperoleh dari kegiatan implementasi atau uji coba produk berupa data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan seperangkat alat permainan生活游戏 [Shēnghu?? y??ux?¼] yang meliputi papan permainan, lembar petunjuk penggunaan, kartu permainan, dan perangkat pendukung permainan. Seluruh perangkat permainan tersebut telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Ahli media menilai produk berdasarkan tampilan dan penggunaan produk, sedangkan ahli materi menilai produk berdasarkan materi yang digunakan dalam produk. Hasil validasi dari kedua ahli tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan valid dengan revisi. Berdasarkan data yang diperoleh dari kegiatan uji coba pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang angkatan 2016, dapat disimpulkan bahwa media ini layak digunakan untuk pembelajaran kosakata HSK. Selain itu, media生活游戏 [Shēnghu?? y??ux?¼] dinyatakan mampu menarik minat siswa dalam mempelajari bahasa Mandarin terkait kosakata HSK 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12485

Actions (login required)

View Item View Item