Penerapan metode tari bambu (bamboo dancing) untuk melatih keterampilan menulis bahasa Mandarin siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Linggar Ambar Pramesti

Pramesti, Linggar Ambar (2019) Penerapan metode tari bambu (bamboo dancing) untuk melatih keterampilan menulis bahasa Mandarin siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Linggar Ambar Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Pramesti, Linggar Ambar. 2018. Penerapan Metode Tari Bambu (Bamboo Dancing) untuk Melatih Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Rosyidah, M.Pd. Kata Kunci: tari bambu (bamboo dancing), keterampilan menulis, bahasa Mandarin Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode tari bambu (bamboo dancing) untuk melatih keterampilan menulis bahasa Mandarin pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang dan (2) untuk mendeskripsikan hasil tulisan siswa setelah dilatih menulis menggunakan metode tari bambu (bamboo dancing). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, berupa aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan metode tari bambu (bamboo dancing) dan hasil tulisan siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode tari bambu (bamboo dancing), siswa menjadi lebih aktif dan semangat dalam menulis. Selain itu, hasil tulisan siswa menunjukkan bahwa siswa dapat membuat karangan berbahasa Mandarin dengan baik. Siswa dapat menyusun paragraf yang padu dan runtut serta sesuai ketentuan. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan siswa, yaitu pada penggunaan gramatika, tanda baca, dan penulisan汉字 ÔÇ£h?ánz?¼ÔÇØ. Hal tersebut membuat hasil tulisan siswa menjadi kurang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode tari bambu (bamboo dancing) dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis bahasa Mandarin. Metode ini dapat membantu siswa dalam mengumpulkan ide dan informasi yang digunakan sebagai bahan utama dalam menulis. Selain itu, siswa juga menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12482

Actions (login required)

View Item View Item