Penggunaan puisi Tiongkok untuk melatih pelafalan 声调 [Shengdiao] bahasa Mandarin siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Umi Habibah

Habibah, Umi (2018) Penggunaan puisi Tiongkok untuk melatih pelafalan 声调 [Shengdiao] bahasa Mandarin siswa kelas XI SMA Laboratorium UM / Umi Habibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Habibah, Umi. 2018. Penggunaan Puisi Tiongkok Untuk Melatih Pelafalan 声调 [shēngdi?áo] Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Herri Akhmad Bukhori, M.A., M.Hum. Kata Kunci : bahasa Mandarin, puisi Tiongkok, 声调 [shēngdi?áo] ÔÇÿnadaÔÇÖ Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang mempunyai nada ketika diucapkan. Nada dalam bahasa Mandarin disebut dengan声调 [shēngdi?áo] ÔÇÿnadaÔÇÖ. 声调 [shēngdi?áo] ÔÇÿnadaÔÇÖ merupakan hal dasar yang harus dipahami ketika belajar bahasa Mandarin karena apabila pengucapan 声调 [shēngdi?áo] ÔÇÿnadaÔÇÖ salah dapat mengubah arti dan dapat menimbulkan kesalahpahaman. Puisi Tiongkok merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih pelafalan 声调 [shēngdi?áo] ÔÇÿnadaÔÇÖ bahasa Mandarin siswa kelas XI SMA Laboratorium UM. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan penggunaan puisi Tiongkok untuk melatih pelafalan声调 [shēngdi?áo] ÔÇÿnadaÔÇÖ bahasa Mandarin pada siswa kelas XI SMA Laboratorium UM dan mengetahui respons siswa terhadap penggunaan puisi Tiongkok untuk melatih pelafalan nada atau 声调 [shēngdi?áo] ÔÇÿnadaÔÇÖ bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IBB 2. Dalam penelitian ini, instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu pelafalan声调 [shēngdi?áo] ÔÇÿnadaÔÇÖ bahasa Mandarin siswa kelas XI dapat terlatih menggunakan puisi Tiongkok. Dari hasil observasi dapat diketahui para siswa terlihat aktif dan antusias ketika penggunaan puisi Tiongkok dilakukan dalam pembelajaran. Hasil wawancara menunjukkan para siswa mengalami kesulitan dalam melafalkan 声调 [shēngdi?áo] ÔÇÿnadaÔÇÖ nada kedua, nada pertama dan keempat dalam satu kalimat. Para siswa mengungkapkan bahwa puisi Tiongkok sulit untuk dipelajari namun apabila puisi yang digunakan tidak terlalu panjang para siswa akan mudah untuk memahami puisi Tiongkok yang diajarkan. Selain itu, apabila penggunaan puisi Tiongkok ini dilakukan berulang- ulang maka pelafalan声调 [shēngdi?áo] ÔÇÿnadaÔÇÖ bahasa Mandarin siswa dapat terlatih lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12476

Actions (login required)

View Item View Item