Pengembangan game Xingwen Millionaire Quiz sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin di SMAN 1 Batu / Jefi Triati Dravini

Dravini, Jefi Triati (2018) Pengembangan game Xingwen Millionaire Quiz sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin di SMAN 1 Batu / Jefi Triati Dravini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Dravini, Jefi Triati. 2018. Pengembangan Game Xingwen Millionaire Quiz sebagai Media Pembelajaran Bahasa Mandarin di SMAN 1 Batu. Skripsi, Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lilis Afifah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, game Xingwen Millionaire Quiz Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game Xingwen Millionaire Quiz sebagai media pembelajaran bahasa Mandarin di SMAN 1 Batu. Game Xingwen Millionaire Quiz merupakan modifikasi dari game Who Wants To Be A Millionaire, yang ditujukan untuk melatih daya ingat dan menambah pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, serta melatih keterampilan menyimak bahasa Mandarin. Tema yang digunakan dalam game ini adalah 家庭生活 [jiāt?¡ng shēnghu??] ÔÇ×kehidupan keluarga‟. Dalam pengembangan game Xingwen Millionaire Quiz ini, pengembang menggunakan model pengembangan milik Sugiyono yang telah dimodifikasi. Adapun tahapan yang dilakukan adalah (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba pemakaian, dan (7) revisi produk. Data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan game ini berupa hasil angket dari kedua validator (ahli materi dan ahli media), dan hasil observasi yang dilakukan oleh observer selama kegiatan uji coba berlangsung. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa game Xingwen Millionaire Quiz. Hasil validasi ini menunjukkan bahwa game ini dinyatakan layak dan menarik untuk digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran bahasa Mandarin siswa SMA kelas XI. Hal tersebut dibebabkan karena game terlihat menarik dari segi tampilan dan variatif dari segi pilihan atau bentuk soal yang diberikan, serta cara pengoperasiannya sangat mudah untuk dijalankan karena memiliki alur yang jelas. Sedangkan, dari hasil uji coba pemakaian dapat diketahui bahwa siswa terlihat sangat aktif dan antusias pada saat menjawab pertanyaan yang terdapat dalam game Xingwen Millionaire Quiz. Siswa mampu menjawab seluruh pertanyaan yang terdapat dalam game dan mendapatkan skor yang terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12475

Actions (login required)

View Item View Item