Pengembangan bahan ajar "Saya Suka Belajar Bahasa Mandarin" untuk keterampilan membaca dan menulis teks percakapan bahasa Mandarin bagi siswa kelas XI SMAN 1 Batu / Pipit Eka Dwijayanti

Dwijayanti, Pipit Eka (2018) Pengembangan bahan ajar "Saya Suka Belajar Bahasa Mandarin" untuk keterampilan membaca dan menulis teks percakapan bahasa Mandarin bagi siswa kelas XI SMAN 1 Batu / Pipit Eka Dwijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK DwiJayanti, Pipit Eka. 2018. Pengembangan Bahan Ajar ÔÇ£Saya Suka Belajar Bahasa MandarinÔÇØ untuk Keterampilan Membaca dan Menulis Teks Percakan Bahasa Mandarin Bagi Siswa Kelas XI SMAN 1 Batu. Skripsi. Pendidikan Bahasa Mandarin. Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lilis Afifah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: penelitian dan pengembangan, bahan ajar, keterampilan membaca dan menulis, teks percakapan Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar untuk keterampilan membaca dan menulis teks percakapan tema Keluarga untuk siswa SMA kelas XI. Bahan ajar ini disusun berdasarkan silabus bahasa Mandarin dalam kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan (Research and Development/R&D) oleh Sugiyono. Pengembang hanya menggunakan tujuh langkah penelitian dan pengembangan dari sepuluh langkah yang harus dilakukan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk. Validasi bahan ajar dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Bahan ajar ini telah diujicobakan pada siswa kelas XI Lintas Minat di SMAN 1 Batu. Hasil validasi bahan ajar ÔÇ£Saya Suka Belajar Bahasa MandarinÔÇØ menunjukkan bahwa bahan ajar ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Mandarin di SMA karena tema yang diberikan sudah sesuai dengan tema keluarga. Selain itu, materi dan latihan-latihan soal sudah mencakup kriteria-kriteria dari bahan ajar yang baik, yaitu sesuai dengan kurikulum yang berlaku, tata bahasa, penulisan pinyin, shengdiao, serta hanzi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12474

Actions (login required)

View Item View Item