Widyaningayu, Rachma (2018) Pengembangan media pembelajaran "...." biaoda wo berbasis komputer untuk mata kuliah menulis kreatif bagai mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Rachma Widyaningayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Widyaningayu Rachma. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran 34920 36798 25105 bi 462 od w 466 Berbasis Komputer Untuk Mata Kuliah Menulis Kreatif Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Jerman Fakultas Sastra Univeristas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sawitri Retnantiti M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Menulis Media Pembelajaran Berbasis Komputer Kata Ungkapan Bahasa Mandarin. Dalam kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin di UM beberapa mata kuliah diajarkan oleh native speaker yang tidak bisa berbahasa Indonesia sehingga proses penyampaian kegiatan pembelajaran menggunakan bahasa Mandarin. Salah satu mata kuliah yang dianggap sulit oleh beberapa mahasiswa adalah mata kuliah Menulis. Dalam kegiatan menulis karangan bahasa Mandarin dosen menuntut mahasiswa untuk menambahkan peribahasa atau kata ungkapan dalam menulis karangan. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya media yang dapat dipahami oleh dosen dan mahasiswa agar kegiatan pembelajaran efektif dan efisien khususnya pada materi 22235 23383 26684 35789 35821 [s z g c y 468 ] atau kata ungkapan. Maka perlu dibuat media pembelajaran yang berisi materi kata ungkapan untuk kegiatan pembelajaran mata kuliah Menulis khususnya mata kuliah Menulis Kreatif yang diberikan pada semester enam. Media pembelajaran 34920 36798 25105 [bi 462 od w 466 ] dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Microsoft (Ms) Power Point 2016. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (dalam Sari 2017 769). Model ini terdiri dari lima langkah yaitu (1) analisis (analyze) (2) desain (design) (3) pengembangan (develop) (4) penerapan (implement) dan (5) evaluasi (evaluate). Hasil angket dari ahli materi dan ahli media menyatakan produk media pembelajaran ini telah layak digunakan dengan revisi. Hasil angket uji coba kelompok kecil dari enam orang mahasiswa menyatakan bahwa materi didalam media pembelajaran dapat dipahami dengan baik tetapi untuk tampilan media pembelajaran perlu diperbaiki. Adapun setelah dilakukan uji coba kelompok besar tidak ada revisi produk lagi karena setelah melakukan pertimbangan dengan ahli materi dan ahli media produk tidak perlu dilakukan revisi lagi. Hasil angket kelompok besar dari 15 orang mahasiswa hanya satu orang mahasiswa yang menyatakan kurang setuju karena merasa masih kesulitan memahami materi dan mengerjakan kuis yang ada pada produk media pembelajaran dan satu orang mahasiswa menyatakan tidak setuju jika media pembelajaran berbasis komputer saja mahasiswa berpendapat seharusnya ada buku pendamping. Produk media pembelajaran ini dapat digunakan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas maupun secara mandiri di luar kelas menggunakan media pembelajaran di kelas harus menggunakan satu LCD (Liquid Crystal Display) dan masing masing mahasiswa menggunakan satu komputer.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12472 |
Actions (login required)
View Item |