Evaluasi Dokumen Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Nadia Aulia Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi Dokumen Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Nadia Aulia Rahma

Rahma, Nadia Aulia (2018) Evaluasi Dokumen Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Nadia Aulia Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci evaluasi kurikulum Mandarin Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesesuaian deskripsi matakuliah PSPBM dengan kompetensi yang tercantum dalam jenjang 6 KKNI (2) kesesuaian kurikulum PSPBM dengan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif analisis isi dokumen metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu dokumen deskripsi matakuliah PSPBM dokumen RPS PSPBM dan hasil angket terbuka dari pengguna lulusan. Instrumen pada penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan coding sheets digunakan untuk melakukan analisis terhadap sumber data. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa (1) dari 36 deskripsi matakuliah PSPBM UM terdapat 3 deskripsi matakuliah yang memuat kompetensi dalam jenjang 6 KKNI yaitu sikap pengetahuan dan keterampilan. Adapun 33 deskripsi matakuliah lain memuat satu hingga dua kompetensi jenjang KKNI. (2) dari kesembilan hasil kuesioner yang dikumpulkan diketahui bahwa sekolah membutuhkan pendidik bahasa Mandairn yang memiliki kemampuan dalam bahasa Mandarin memiliki kemampuan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang bercirikan 4C (creativity and innovation communicative collaboration dan critical thinking and problem solving). Adapun kebutuhan perusahaan terhadap tenaga kerja bahasa Mandarin adalah memiliki kemampuan bahasa Mandarin dan pengetahuan dalam bidang bisnis dan ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) deskripsi matakuliah PSPBM belum sesuai dengan kompetensi yang tercantum dalam jenjang 6 KKNI dan (2) kurikulum PSPBM telah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah hendaknya dalam menyusun deskripsi matakuliah perlu disesuaikan dengan kompetensi yang tercakup dalam jenjang KKNI selain itu untuk menciptakan lulusan yang mampu bersaing tidak hanya dalam dunia pendidikan tetapi juga dunia bisnis maka perlu untuk menambahkan beberapa matakuliah berkaitan dengan bidang bisnis dan ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12467

Actions (login required)

View Item View Item