Penerapan model pembelajaran word square untuk melatih keterampilan berbicara bahasa mandarin tema Kehidupan sehari-hari pada siswa kelas X SMAN 2 Malang / Elma Dita Zulkarunia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran word square untuk melatih keterampilan berbicara bahasa mandarin tema Kehidupan sehari-hari pada siswa kelas X SMAN 2 Malang / Elma Dita Zulkarunia

Zulkarunia, Elma Dita (2018) Penerapan model pembelajaran word square untuk melatih keterampilan berbicara bahasa mandarin tema Kehidupan sehari-hari pada siswa kelas X SMAN 2 Malang / Elma Dita Zulkarunia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulkarunia Elma Dita. Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Melatih Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X SMAN 2 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Tiksno Widyatmoko M.A. Kata Kunci model pembelajaran word square keterampilan berbicara bahasa Mandarin SMA kelas X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsiskan penerapan model pembelajaran Word Square untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin tema kehidupan sehari-hari pada siswa kelas X SMAN 2 Malang dan (2) mengetahui respons siswa mengenai model pembelajaran Word Square untuk melatih keterampilan berbicara siswa kelas X SMAN 2 Malang. Model pembelajaran Word Square yaitu model pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokkan jawaban pada kotak-kotak jawaban yang telah disediakan. Mirip seperti Teka-Teki Silang tetapi bedanya jawabannya sudah ada namun disamarkan dengan menambahkan kotak tambahan dengan sembarang huruf atau angka pengecoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Word Square untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin pada siswa kelas X SMAN 2 Malang. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas X Lintas Minat 2 SMAN 2 Malang sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar kuesioner. Berdasarkan hasil observasi dan kuesioner seluruh siswa dapat mengikuti model pembelajaran dengan baik membaca kalimat dengan struktur yang tepat siswa merasa penerapan model pembelajaran Word Square ini dapat melatih kemampuan berbicara bahasa Mandarin lebih teliti mengerjakan soal dengan penerapan model pembelajaran Word Square. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat lebih mengembangkan model pembelajaran ini dengan menggunakan media yang lebih canggih dan dapat digunakan pada keterampilan berbahasa lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12466

Actions (login required)

View Item View Item