Pengembangan media MAMZI (Make A Match Hanzi) berbasis multimedia untuk melatih keterampilan menulis siswa kelas XI SMA / Yuliatin Hariyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media MAMZI (Make A Match Hanzi) berbasis multimedia untuk melatih keterampilan menulis siswa kelas XI SMA / Yuliatin Hariyati

Hariyati, Yuliatin (2018) Pengembangan media MAMZI (Make A Match Hanzi) berbasis multimedia untuk melatih keterampilan menulis siswa kelas XI SMA / Yuliatin Hariyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hariyati Yuliatin. 2018. Pengembangan Media Mamzi (Make A Match Hanzi) Berbasis Multimedia untuk Melatih Keterampilan Menulis Siswa Kelas XI SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lilis Afifah S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Multimedia Mamzi H nz keterampilan menulis Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media Mamzi (Make A Match Hanzi). Produk ini berisi materi terkait cara penulisan H nz yang menyajikan empat puluh aksara Han. Kosakata yang digunakan pada media Mamzi berkaitan dengan tema kehidupan sehari-hari berdasarkan silabus dalam kurikulum 2013 revisi 2016. Peneliti dan pengembangan ini menggunakan metode pengembangan ADDIE oleh Dick Carry yang terdiri dari lima tahap pelaksanaan yaitu (1) analyze (2) design (3) development (4) implementation dan (5) evaluation. Data penelitian didapatkan melalui proses validasi dari ahli media serta ahli materi dan proses observasi. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh dari kedua validator dapat disimpulkan bahwa media Mamzi layak digunakan dalam pembelajaran H nz untuk siswa kelas XI SMA. Ukuran kelayakan produk berdasarkan pada teori yang digunakan peneliti di mana menjelaskan unsur-unsur dan indikator multimedia yang baik seta penilaian dari kedua validator. Media Mamzi juga dapat digunakan oleh guru sebagai alternatif media dalam menjelaskan cara penulisan H nz . Di samping itu media Mamzi mampu menarik antusiasme siswa saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12464

Actions (login required)

View Item View Item