Yuliati, Eka (2018) Pengaruh tebak kata terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin peserta didik kelas X LMT-mandarin SMAN 2 Malang / Eka Yuliati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Yuliati Eka. 2018. Pengaruh Model Tebak Kata Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Peserta Didik Kelas X LMT-Mandarin SMAN 2 Malang. Skripsi Sastra Jerman Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Primardiana Hermilia Wijayati M.Pd. Kata kunci model tebak kata penguasaan kosakata Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penguasaan kosakata bahasa Mandarin peserta didik yang menggunakan maupun tidak menggunakan model tebak kata (2) pengaruh model tebak kata terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode eksperimen dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X- LMT bahasa Mandarin SMAN 2 Malang. Teknik sampling pada penelitian ini simple random sampling dengan sampel kelas X-LMT 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-LMT 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pada penelitian ini adalah tes angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang digunakan untuk menguji hipotesis. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis. Uji prasyarat tersebut meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa (1) data kelas kontrol dan eksperimen terdistribusi normal dengan nilai sig 0 05 nilai sig kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0 741 (2) data kelas kontrol dan eksperimen berasal dari data yang homogen yakni dengan nilai sig 0 319. Selanjutnya hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model tebak kata terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin kelas X-LMT SMAN 2 Malang dengan sig. (2-tailed) sebesar 0 032 0 05. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) peserta didik kelas X-LMT 2 yang menggunakan model tebak kata bahasa Mandarin memiliki kemampuan kosakata yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik X-LMT 1 yang tidak menggunakan model tebak kata penguasaan kosakata setiap peserta didik yang menggunakan model tebak kata bertambah 5-6 kata setiap pertemuan dan (2) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model tebak kata dalam pembelajaran bahasa Mandarin terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin peserta didik kelas X-LMT.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12462 |
Actions (login required)
View Item |