Pengembangan media pembelajaran kamus Hanzi berdasarkan pianpang untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Anggi Gratia Putri Tatuwo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kamus Hanzi berdasarkan pianpang untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Anggi Gratia Putri Tatuwo

Tatuwo, Anggi Gratia Putri (2018) Pengembangan media pembelajaran kamus Hanzi berdasarkan pianpang untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang / Anggi Gratia Putri Tatuwo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tatuwo Anggi Gratia Putri 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Kamus Hanzi Berdasarkan Pianpang untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sawitri Retnantiti M.Pd. Kata Kunci Media pembelajaran kamus hanzi pianpang. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berjudul Kamus Hanzi Berdasarkan Pianpang. Media pembelajaran kamus ini berukuran 13 x 20 cm dengan memuat konsep buku absen dan buku kas yang memiliki ukuran berbeda pada lembarannya. Isi kamus ini adalah kumpulan kosakata pada Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) tingkat 3 khususnya hanzi dengan pianpang sebelah kiri. Pembahasan Hanzi dalam kamus ini meliputi cara pelafalan kata yang terbentuk dari hanzi tersebut arti jenis kata serta contoh kalimat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian pengembangan yang digunakan adalah prosedur penelitian Hoge Tondora dan Marelli dan prosedur penelitian Sugiyono yang digabung dan dimodifikasi sesuai keperluan penelitian. Modifikasi prosedur penelitian tersebut menghasilkan enam langkah yaitu (1) menetapkan tujuan (2) merencanakan metode (3) mengidentifikasi dan menciptakan (4) mengaplikasikan model tahap 1 (5) mengaplikasikan model tahap 2 dan (6) mengevaluasi dan merevisi model. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah deskriptif kualitatif dan prosentase. Data penelitian diperoleh melalui instrumen lembar angket dan lembar observasi. Uji validasi produk telah dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media menyatakan Valid dengan prosentase validitas 96 85%. Hasil uji validasi oleh ahli materi menyatakan Valid dengan prosentase validitas 99%. Ujicoba produk dilakukan pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang semester 1 angkatan 2017 dalam matakuliah Membaca dan Menulis 1. Hasil observasi yang dilakukan oleh tiga orang observer dan satu orang dosen matakuliah menunjukkan mahasiswa aktif dan antusias menggunakan kamus hanzi berdasarkan pianpang. Dari hasil angket mahasiswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini cukup menarik untuk digunakan. Dari hasil validasi produk observasi dan angket mahasiswa produk ini dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12458

Actions (login required)

View Item View Item