Penerapan strategi pembelajaran aktif team quiz untuk melatih keterampilan menulis huruf hanzi siswa kelas X SMA Islam Al-Ma'arif Singosari / Aulia Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran aktif team quiz untuk melatih keterampilan menulis huruf hanzi siswa kelas X SMA Islam Al-Ma'arif Singosari / Aulia Rachmawati

Rachmawati, Aulia (2017) Penerapan strategi pembelajaran aktif team quiz untuk melatih keterampilan menulis huruf hanzi siswa kelas X SMA Islam Al-Ma'arif Singosari / Aulia Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachmawati Aulia. 2017. PenerapanStrategiPembelajaranAktif Team QuizUntukMelatihKeterampilanMenulisHurufHanziSiswaKelas X SMA Islam Al-Maarif Singosari. Skripsi Program studi Pendidikan Bahasa Mandarin Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. SawitriRetnantiti M.Pd. Kata Kunci strategi pembelajaran aktif team quiz keterampilan menulis huruf Hanzi. Strategi pembelajaran aktif merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki oleh siswa sehingga semua siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal sesuai dengan karakteristik kepribadian yang dimiliki masing-masing siswa. Penggunaan strategi pembelajaran aktif team quiz dalam pembelajaran keterampilan menulis huruf Hanzi perlu diterapkanagar dapat membuat proses belajar lebih menyenangkan. Selain itu siswa dapat lebih percaya diri karena siswa mampu berkerja sama secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran aktif team quiz untuk melatih keterampilan menulis huruf Hanzi kelas X SMA Islam Al-Maarif Singosari . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasilinstrumen yaitu lembar observasi lembar angket dan lembar latihan. Sumber data diambil dari siswa kelas X.2 dan X.4 dengan total siswa 57 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif teamquiz ini mendapatkan respon positif dan negatifdari guru dan siswa. Siswa dapat lebih mudah menghafal dan memahami huruf Hanzijugadapat memicu rasa percaya diri siswa. Namun ada beberapa siswa kurang suka menghafal huruf Hanzi masih belum memahami huruf Hanzi serta siswa yang masih kurang percaya diri dalam kelas. Dengan demikian siswa akan mendapatkan hasil belajar yang maksimal terutama untuk keterampilan menulishuruf Hanzi. 25688 35201 Rachmawati aulia. 2017. 20027 21160 23398 20064 31574 30053 22312 22242 38431 27979 39564 22521 35757 20889 20316 25216 33021 35838 20013 30340 35843 26597 30740 31350 65292 20197 20234 26031 20848 39640 20013 19968 24180 32423 23398 29983 20026 20363 Maarif Singosari 35770 25991 29595 29701 22269 31435 22823 23398 65292 24503 35821 31995 65292 20013 25991 19987 19994 12290 21672 35810 21592 65306 Dr. Sawitri Retnantiti M.Pd. 20851 38190 35789 65306 31215 26497 23398 20064 31574 30053 65292 22242 38431 27979 39564 65292 27721 23383 20889 20316 25216 24039 12290 20027 21160 23398 20064 31574 30053 26088 22312 20248 21270 23398 29983 30340 28508 33021 65292 20351 23398 29983 33021 26681 25454 27599 20010 23398 29983 30340 20010 24615 29305 28857 36798 21040 28385 24847 30340 23398 20064 25928 26524 65292 20027 21160 23398 20064 31574 30053 22312 23398 20064 23567 32452 20013 31454 29468 27721 23383 12289 20889 20316 25216 24039 30340 20351 29992 20013 26159 24517 39035 30340 65292 21487 20197 20351 23398 20064 26356 26377 36259 12290 27492 22806 65292 23398 29983 20063 21487 20197 26377 20449 24515 65292 22240 20026 23398 29983 33021 22815 36319 23567 32452 25104 21592 19968 36215 24037 20316 12290 26412 30740 31350 30340 30446 30340 26159 25551 36848 20027 21160 23398 20064 31574 30053 22312 20234 26031 20848 39640 20013 20108 24180 32423 23398 29983 20013 30340 24212 29992 24773 20917 35843 26597 12290 26412 30740 31350 20026 23450 24615 25551 36848 24615 30740 31350 12290 22312 26412 30740 31350 20013 20351 29992 30340 25968 25454 26159 65288 a 65289 35266 23519 30340 32467 26524 65292 65288 b 65289 38382 21367 65292 65288 c 65289 34892 20351 12290 X.2 21644 X.4 24180 32423 20849 26377 57 22810 21517 23398 29983 65292 20174 23398 29983 20013 25552 21462 28304 25968 25454 12290 26412 30740 31350 30340 24037 20855 26159 35266 23519 34920 12289 24037 20316 21333 21644 32451 20064 34920 20013 30340 32467 26524 36825 20123 32467 26524 34920 26126 65292 20027 21160 23398 20064 31574 30053 27979 39564 23567 32452 20174 25945 24072 21644 23398 29983 22788 25910 21040 20102 31215 26497 30340 21453 24212 12290 23398 29983 21487 20197 26356 21152 36731 26494 22320 35760 20303 21644 20102 35299 27721 23383 20449 20214 36827 34892 31215 26497 30340 23398 20064 31574 30053 22242 38431 27979 39564 65292 24182 21487 20197 35302 21457 23398 29983 30340 33258 20449 24515 12290 19981 36807 65292 26377 20123 23398 29983 19981 21916 27426 35760 20303 27721 23383 65292 36824 26377 36824 19981 25026 27721 23383 30340 23398 29983 65292 36824 26377 37027 20123 23545 35838 22530 32570 20047 20449 24515 30340 23398 29983 12290 22240 27492 65292 23398 29983 23558 33719 24471 26368 22823 30340 23398 20064 25104 26524 65292 29305 21035 26159 23545 20110 26222 36890 35805 30340 20889 20316 25216 24039 12290 ABSTRACT Rachmawati Aulia . 2017. Implementation of Active Learning Strategies Team Quiz To Train Writing Skills HanziOn the tenth graderSenior High School Islam Al-MaarifSingosari. Thesis. Study Program of Mandarin Education Department of German Literature Faculty of Letters State University of Malang. Advistor Dr. SawitriRetnantiti M.Pd. arch. Keywords active learning strategy team quiz Hanzi writing skill. Active learning strategy is one learning strategy that is intended to optimize all the potential possessed by students so that all students can achieve optimal learning outcomes in accordance with the characteristics of each student s own personality. The use of active team learning strategy of quiz in learning the writing skill of Hanzi letters need to be applied in order to make the learning process more fun. In addition students can be more confident because students are able to work together in groups. This study aims to describe the implementation of the active learning strategy of team quiz to train the skills of writing letters Hanzi On the tenth grader Senior High SchoolIslam Al-Maarif Singosari . This research is a qualitative descriptive research. The data used in this research is the result of the instrument that is the observation sheet the questionnaire and the exercise sheet. Sources of data were taken from students of class ten .2 and ten .4 with a total of 57 students. The results of this study indicate that the active learning strategy of this team quiz get positive and negative responses from teachers and students. Students can more easily memorize and understand the Hanzi letters to active learning strategy team quiz and can trigger student self-confidence. However there are some students who do not like to memorize the Hanzi letters there are also students who still do not understand the Hanzi letters and there are students who still lack confidence in the class. Thus the students will get maximum learning outcomes especially for Mandarin writing skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12449

Actions (login required)

View Item View Item