Nafi'ah, Mizanin (2017) Pengembangan media pembelajaran (hanzi bihua shunxu) berbasis multimedia untuk melatih menulis karakter .... (hanzi) pada mata pelajaran bahasa Mandarin / Mizanin Nafi'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nafi ah Mizanin. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran 27721 23383 31508 30011 39034 24207 (H nz B 464 hua Sh nxu) Berbasis Multimedia untuk Melatih Menulis karakter Hanzi pada Mata Pelajaran Bahasa Mandarin. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Pembimbing M Kharis M.Hum. Kata Kunci Media 27721 23383 31508 30011 39034 24207 (H nz B 464 hua Sh nxu) Multimedia Hanzi Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran 27721 23383 31508 30011 39034 24207 (h nz b 464 hua sh nxu) berbasis multimedia untuk melatih menulis karakter Hanzi. Media pembelajaran 27721 23383 31508 30011 39034 24207 (h nz b 464 hua sh nxu) ini disajikan dalam bentuk software yang berisi materi pengenalan karakter Hanzi yang terdiri dari tiga submateri yaitu guratan dasar radikal dan cara penulisan. Materi-materi tersebut dilengkapi dengan audio video dan gambar serta terdapat kumpulan artikel untuk menambah pengetahuan umum terkait karakter Hanzi. Pada media ini juga terdapat 2499 karakter Hanzi yang disajikan dalam bentuk flash. Metode yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R D) oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi menjadi tujuh (7) langkah yang meliputi potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk dan revisi produk.Media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba dilakukan tiga tahap yaitu uji coba Mandarin uji coba kelompok kecil uji coba kelompok besar pada kelas X Lintas Minat 1 SMA Negeri 01 Batu. Data diperoleh dari angket yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan persentase. Berdasarkan analisis data dari ahli media diperoleh persentase sebesar 83 3%. Hasil penilaian ahli materi I terhadap produk diperoleh persentase 85% sedangkan hasil penilaian ahli materi II diperoleh u persentase sebesar 84.6%. Pada analisis uji coba mandiri hasil persentase yang diperoleh sebesar 87.5%. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 85.5%. Hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 81.8%. Selain itu terdapat saran-saran perbaikan dari validator. Saran ahli media terkait menu kontrol audio dan tambahan perangkat lunak sedangkan saran ahli materi terkait audio tambahan bacaan dalam bentuk bahasa Mandarin dan tambahan huruf pinyin untuk memudahkan dalam membacanya. Hasil keseluruhan diperoleh rata-rata angka persentase sebesar 84.6% atau valid. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran 27721 23383 31508 30011 39034 24207 (h nz b 464 hua sh nxu) berbasis multimedia layak digunakan sebagai sumber belajar materi pengenalan karakter Hanzi. Media ini juga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi sekaligus membantu siswa dalam memahami materi. 25688 35201 Nafi ah 65292 Mizanin 12290 2017 24180 12290 20851 20110 12298 27721 23383 31508 30011 39034 24207 12299 27721 23383 32451 20064 20013 30340 20351 29992 24773 20917 12290 35770 25991 65292 27721 35821 25945 23398 65292 25991 23398 38498 65292 29595 29701 22269 31435 22823 23398 12290 36741 23548 25945 24072 65306 M Kharis M.Hum. 20851 38190 35789 65306 23186 20307 12289 12298 27721 23383 31508 30011 39034 24207 12299 12289 22810 23186 20307 12289 27721 23383 36825 39033 30740 31350 30340 30446 30340 26159 20851 20110 12298 27721 23383 31508 30011 39034 24207 12299 30340 25945 23398 23186 20307 30740 31350 65292 12298 27721 23383 31508 30011 39034 24207 12299 26159 19968 27454 28436 31034 36719 20214 65292 23186 20307 25945 26448 30340 20869 23481 26159 20171 32461 27721 23383 12290 25945 26448 35774 35745 24212 29992 30340 29702 35770 26159 Sugiyono 30740 21457 30340 research and development 29702 35770 65292 35813 29702 35770 26377 19971 20010 27493 39588 12290 36825 39033 35774 35745 24050 36890 36807 23186 20307 21644 20027 39064 19987 23478 30340 39564 35777 12290 31508 32773 20063 23545 36825 39033 36827 34892 20102 19977 27493 39588 27979 35797 65292 33258 27835 30340 27979 35797 12289 23567 32452 30340 27979 35797 12289 22823 32452 30340 27979 35797 65292 23545 35937 26159 20197 Batu 31532 19968 39640 20013 19968 24180 32423 30340 23398 29983 12290 23558 25910 38598 21040 30340 35843 26597 25968 25454 36827 34892 23450 24615 30340 25551 36848 24615 20998 26512 12290 26681 25454 23186 20307 19987 23478 30340 39564 35777 36827 34892 23450 24615 30340 25551 36848 24615 20998 26512 21040 36798 83 3 % 12290 31532 19968 20027 39064 19987 23478 30340 39564 35777 21040 36798 85 % 12290 31532 20108 20027 39064 19987 23478 30340 39564 35777 21040 36798 84.6% 12290 22312 36827 34892 23450 24615 33258 27835 30340 27979 35797 21040 36798 87.5 % 12290 23567 32452 30340 27979 35797 21040 36798 85.5 % 12290 22823 32452 30340 27979 35797 21040 36798 81.8 % 12290 21478 22806 65292 19987 23478 32473 20986 30340 24314 35758 20026 20462 25913 23436 21892 23186 20307 12290 23186 20307 19987 23478 30340 24314 35758 26159 38899 21709 22120 30340 36873 39033 25511 21046 21644 21152 20123 36719 20214 12290 28982 21518 65292 20027 39064 19987 23478 30340 24314 35758 26159 ( 19968 ) 22686 21152 35838 25991 27721 23383 36319 35838 25991 19968 36215 23398 20064 26356 26131 20110 35760 24518 27721 23383 12289 ( 20108 ) 22686 21152 35821 38899 35828 26126 35753 23398 29983 26126 30333 31508 30011 30340 35835 38899 65292 65288 19977 65289 21152 25340 38899 35753 23398 29983 20250 35835 23383 12290 32508 21512 19978 36848 20998 26512 32467 26524 65292 21487 20197 24471 20986 32467 26524 24179 22343 84.6% 26159 26377 25928 30340 12290 25152 20197 65292 29992 27721 23383 31508 30011 39034 24207 30340 23186 20307 21487 20197 24110 21161 23398 29983 20102 35299 23398 20064 27721 23383 30340 20070 20889 12290 36825 20010 23186 20307 26377 21161 20110 32769 24072 32534 20889 35762 20041 12289 24110 21161 23398 29983 20102 35299 27721 35821 25945 26448 12290 ABSTRACT Nafi ah Mizanin. 2017. Learning Media Development 27721 23383 31508 30011 39034 24207 (H nz B 464 hua Sh nxu) Multimedia- based Hanzi Writing Practice in 10th Grade Chinese. Thesis German Literature Department Faculty of Letters State University of Malang. Advisor M Kharis M.Hum. Key Words Media 27721 23383 31508 30011 39034 24207 (H nz B 464 hua Sh nxu) Multimedia Hanzi The purpose of this research and development is to develop Multimedia-based learning media 27721 23383 31508 30011 39034 24207 (h nz b 464 hua sh nxu) for Hanzi writing practice. This media 27721 23383 31508 30011 39034 24207 (h nz b 464 hua sh nxu) is presented in the software which contains Hanzi character introduction comprising 3 distinct materials namely basic strokes radicals and the way to write them. The materials are furnished with video audio and pictures along with articles related to general knowledge about the relevant Hanzi characters. There are also another 2499 items Hanzi presented in flash video file format. This research employed the Research and Development method by Sugiono which has been modified into seven steps encompassing the analysis of the potential and problem data collection product design design validation revised design design tryout and product revision. Media was validated by the media experts and material expert. The tryout was conducted in three phases comprising individual tryout small group tryout and large group tryout in the grade 10 cross interest class at 1 SMA Negeri 1 Batu. Data obtained from the questionnaires is analyzed using descriptive qualitative design and percentage. Based on the analysis conducted by the expert of media was obtained 83.3%. The result of material assessment by the expert media was 85% whilst the assessment of the material expert II was 84.6%. The individual tryout assessment after being analyzed was at 87.5%. The result of small group try out assessment was 85.5%. Whereas the large group tryout assessment was 81.8%. Besides there were some suggestions for improvement made by validators encompassing the media expert s input on audio control menu and other additional software and the material expert s on the need of better audio and additional reading in Chinese characters and Pinyin to facilitate the reading. Overall the averaged out result was at 84.6% or is considered valid. This shows that learning media 27721 23383 31508 30011 39034 24207 (h nz b 464 hua sh nxu) which is multimedia based is worth using as the instructional resource of Hanzi characters. This Media assists teachers in delivering the subject matter and facilitating students better understanding thereof.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |