Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk melatih keterampilan berbahasa Mandarin siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 6 Malang / Sugiatik - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk melatih keterampilan berbahasa Mandarin siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 6 Malang / Sugiatik

Sugiatik (2017) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk melatih keterampilan berbahasa Mandarin siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 6 Malang / Sugiatik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sugiatik. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Melatih Keterampilan Berbahasa Mandarin Siswa Kelas XI Lintas Minat SMAN 6 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sawitri Retnantiti M.Pd. Kata Kunci cooperative script keterampilan berbahasa Mandarin SMA kelas XI Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) langkah-langkah model pembelajaran cooperative script untuk melatih keterampilan berbahasa Mandarin (2) respon siswa setelah proses pembelajaran dan (3) kemampuan berbahasa Mandarin siswa setelah penerapan model pembelajaran cooperative script. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI lintas minat SMAN 6 Malang yang berjumlah 14 orang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi kuesioner dan lembar kerja siswa. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Berdasarkan hasil data observasi kuesioner dan lembar kerja siswa aktivitas siswa kelas XI lintas minat bahasa Mandarin SMAN 6 Malang dengan penerapan model pembelajaran cooperative script dapat melatih keterampilan berbahasa dengan baik. Kemampuan menulis dan berbicara siswa baik. Kemampuan menyimak secara berpasangan lebih memudahkan siswa untuk menjawab soal menyimak. Siswa mampu memahami teks yang ditulis dengan 27721 23383 (h nz ) meskipun masih ada siswa yang kesulitan. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan variasi bacaan yang serupa dan lebih memudahkan untuk melatih keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa. Hal tersebut terjadi karena siswa tidak terbiasa dan tidak menguasai 27721 23383 (h nz ). Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk melatih keterampilan berbahasa Mandarin siswa tidak cukup jika dalam pelaksanaannya hanya dalam satu atau dua kali pertemuan. Peneliti selanjutnya juga diharapkan untuk mempertimbangkan waktu pelaksanaan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dan agar guru dapat membimbing siswa yang masih kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12442

Actions (login required)

View Item View Item