Penerapan model pembelajaran project based learning untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X SMAN 2 Malang / Silvi Azzahrah Firdaus Nuzula - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran project based learning untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X SMAN 2 Malang / Silvi Azzahrah Firdaus Nuzula

Nuzula, Silvi Azzahrah Firdaus (2017) Penerapan model pembelajaran project based learning untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X SMAN 2 Malang / Silvi Azzahrah Firdaus Nuzula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuzula Silvi Azzahrah Firdaus. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Melatih Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMAN 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.Pembimbing Drs. Tiksno Widyatmoko M.A Kata Kunci model pembelajaran project based learning keterampilan berbicara bahasa Mandarin. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X SMAN 2 Malang dan 2) mendeskripsikan tanggapan siswa mengenai penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X SMAN 2 Malang. Model pembelajaran Project Based Learning adalah model pembelajaran yang secara langsung melibatkan siswa dalam proses pembelajaran melalui kegiatan penelitian untuk mengerjakan dan menyelesaikan suatu proyek pembelajaran tertentu. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X SMAN 2 Malang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket. Terdapat enam tahapan dalam proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning yaitu 1) penentuan pertanyaan mendasar 2) mendesain perencanaan proyek 3) menyusun jadwal 4) monitoring 5) menguji hasil serta 6) evaluasi proses dan hasil. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Siswa bekerja sama secara kolaboratif dalam menyelesaikan proyek pembelajaran serta aktif dalam mengungkapkan gagasan secara lisan dalam bahasa Mandarin. Tahapan dalam model pembelajaran Project Based Learning dapat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan keberhasilan proyek untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12440

Actions (login required)

View Item View Item