Pengembangan media monopoli untuk pembelajaran Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) mata pelajaran bahasa Mandarin di SMA Negeri 2 Malang / Akmaliyah Ali Romadhoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media monopoli untuk pembelajaran Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) mata pelajaran bahasa Mandarin di SMA Negeri 2 Malang / Akmaliyah Ali Romadhoni

Romadhoni, Akmaliyah Ali (2017) Pengembangan media monopoli untuk pembelajaran Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) mata pelajaran bahasa Mandarin di SMA Negeri 2 Malang / Akmaliyah Ali Romadhoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Romadhoni Akmaliyah Ali. 2016. Pengembangan Media Monopoli untuk Pembelajaran Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Mata Pelajaran Bahasa Mandarin di SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sawitri Retnantiti M.Pd. Kata Kunci Media Permainan Monopoli HSK Bahasa Mandarin Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli untuk pembelajaran HSK mata pelajaran bahasa Mandarin di SMA Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R D) oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan prosentase. Tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5)revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk dan (8) produk akhir. Produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini adalah seperangkat alat permainan Monopoli HSK yang meliputi cover permainan papan permainan buku petunjuk dan perangkat pendukung permainan. Materi yang ada di dalam media adalah materi HSK tingkat 1. Kemudian produk divalidasi oleh para ahli. Hasil analisis data pengembangan media monopoli melalui tahap validasi oleh ahli media memperoleh prosentase kelayakan sebesar 81.3% validasi ahli materi dosen bahasa Mandarin sebesar 85.7% validasi ahli materi guru mata pelajaran bahasa Mandarin sebesar 87.5%. Pada tahap uji coba diperoleh prosentase kemenarikan media dalam pembelajaran dari siswa sebesar 80.8% dan hasil observasi kegiatan uji coba media dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan media monopoli untuk pembelajaran HSK mata pelajaran bahasa Mandarin di SMAN 2 Malang media dianggap layak dan menarik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12434

Actions (login required)

View Item View Item