Pengembangan modul pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Mandarin untuk siswa SMA kelas X tema ... (identitas diri) / Sarah Aulia Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Mandarin untuk siswa SMA kelas X tema ... (identitas diri) / Sarah Aulia Wibowo

Wibowo, Sarah Aulia (2017) Pengembangan modul pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Mandarin untuk siswa SMA kelas X tema ... (identitas diri) / Sarah Aulia Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Sarah Aulia. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Mandarin untuk Siswa SMA Kelas X Tema 20010 20154 20449 24687 (Identitas Diri). Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Primardiana H.W. M.Pd Kata Kunci pengembangan modul pembelajaran bahasa Mandarin Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk bahan ajar berupa modul pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Mandarin untuk siswa SMA kelas X tema identitas diri. Dalam mengembangkan modul pembelajaran pengembang menggunakan model pengembangan ADDIE dari Dick Carey. Data penelitian ini diperoleh dari angket dan observasi. Produk pengembangan ini divalidasi oleh tiga validator yang terdiri dari validator ahli media ahli materi (dosen dan guru) dan diujicobakan pada peserta didik kelas X IBB 2 SMA Laboratorium UM. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa modul pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Mandarin. Tema yang disajikan pada modul ini adalah 20010 20154 20449 24687 (identitas diri) yang dibagi menjadi tiga subtema yaitu salam sapaan menanyakan kabar dan perkenalan jati diri. Latihan yang ada pada modul pembelajaran ini dilengkapi dengan soal latihan untuk pelafalan kosakata dan tata bahasa. Modul pembelajaran ini terdiri dari tiga bagian yaitu (1) bagian awal yang terdiri dari petunjuk penggunaan modul serta daftar ragam jenis kata ( 27492 31867 31616 31216 34920 ) (2) bagian inti berisi kumpulan materi dan soal latihan yang disajikan untuk keterampilan menyimak ( 21548 21147 ) dan berbicara ( 35828 35805 ) serta latihan tentang penguasaan kosakata dan gramatika (3) bagian akhir yang terdiri dari glosarium ( 35789 27719 34920 ) kunci jawaban ( 32451 20064 31572 26696 ) serta teks audio ( 21548 21147 24405 38899 25991 26412 ).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12432

Actions (login required)

View Item View Item