Pengembangan buku siswa berbasis pendekatan saintifik (5M) pada materi gelombang bunyi bagi siswa Madrasah Aliyah (MA) / Lilik Nur Hamidah

Hamidah, Lilik Nur (2019) Pengembangan buku siswa berbasis pendekatan saintifik (5M) pada materi gelombang bunyi bagi siswa Madrasah Aliyah (MA) / Lilik Nur Hamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lilik Nur Hamidah. 2019. Pengembangan Buku Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik (5M) pada Materi Gelombang Bunyi Bagi Siswa Madrasah Aliyah (MA). Skripsi. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Kadim Masjkur, M.Pd dan (II) Drs. Agus Suyudi, M.Pd Kata kunci: Buku Siswa, Pendekatan Saintifik, Gelombang Bunyi, Madrasah Aliyah Motivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang dicapai siswa. Namun saat ini motivasi belajar siswa pada ilmu fisika masih tergolong pada kategori rendah akibat kurangnya minat siswa. Beberapa upaya dapat dilakukan untuk mengoptimalkan motivasi belajar siswa, diantaranya dengan menerapkan kegiatan belajar yan bervariasi dan mengaitkan materi fisika dengan hal-hal yang menjadi minat siswa. Bagi siswa madrasah aliyah, salah satunya dapat digunakan integrasi fisika dengan ayat-ayat Al Qur’an. Untuk mendukung upaya tersebut perlu adanya bahan ajar yang sesuai dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Akan tetapi, bahan ajar yang ada masih belum memenuhi kriteria yang diperlukan. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan buku siswa berbasis pendekatan saintifik (5M) pada materi gelombang bunyi bagi siswa madrasah aliyah (MA). Selain itu juga bertujuan mendeskripsikan kelayakan produk yang dikembangkan. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Dalam model penelitian dan pengembangan Borg and Gall terdapat sepuluh langkah penelitian. Dari sepuluh langkah terseebut kemudian direduksi menjadi lima langkah penelitian, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba produk dan revisi hasil uji coba. Dari hasil uji coba produk diperoleh diperoleh hasil validasi produk oleh validator sebesar 91,07% dengan kategori layak. Hasil uji keterbacaan produk yang dilakukan ole siswa adalah 88,4% dengan kategori layak. Meskipun demikian, masih perlu dilakukan pengujian lebih lanjut agar buku siswa dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/124284

Actions (login required)

View Item View Item