Pengaruh pembelajaran STAD berbantuan simulasi PhET terhadap prestasi belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Nasional Malang / Suid Efendi

Efendi, Suid (2019) Pengaruh pembelajaran STAD berbantuan simulasi PhET terhadap prestasi belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Nasional Malang / Suid Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Efendi, Suid. 2019. Pengaruh Pembelajaran STAD Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Nasional Malang, Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs, Dwi Haryoto, M.Pd., (II) Dr. Hari wisodo, S.Pd, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Simulasi PhET, Prestasi. Prestasi belajar fisika peserta didik menggambarkan keberhasilan dan kegagalan dalam proses belajar yang di tandai hasil ulangan rata-rata siswa 50. Hasil yang tidak maksimal di sebabkan model pembelajaran yang di terapkan oleh guru, sehingga siswa kurang aktif. STAD merupakan pembelajaran yang paling sederhana menekankan pada kegiatan kerjasama kelompok sekaligus tanggung jawab perorangan untuk mencapai keberhasilan yang maksimal. Berkembangnya teknologi, pembelajaran biasanya di dukung oleh multimedia, misalnya PhET, sehingga mampu memberikan simulasi fisika yang sangat mendukung dalam pembelajaran fisika penyajiannya terdiri dari objek-objek yang tidak terlihat mata di dunia nyata seperti atom, elektron, foton, dan medan listrik, sehingga mudah dimengerti oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Prestasi Belajar Fisika Peserta Didik SMA Nasional Malang pada Materi Teori Kinetik Gas. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini eksperimental semu (Quasy Experimental Design) dan bentuk rangcangannya berupa posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Nasional Malang. Teknik pengambilan sample dilakukan secara purpose sampling dan diperoleh sample kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis dari uji Independent Sampel t-Test bahwa nilai Sig (1-tailed) kurang dari 0,05 (0,000< 0,05) dan Skor prestasi peserta didik kelas eksperimen (Mean = 79,75 ) lebih tinggi dari kelas kontrol (Mean = 56,67), sehingga prestasi siswa menggunakan pembelajaran STAD Berbantuan Simualasi PhET lebih tinggi daripada siswa menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/124279

Actions (login required)

View Item View Item