Pengaruh model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA / Lenny Agustina Suwastika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA / Lenny Agustina Suwastika Sari

Sari, Lenny Agustina Suwastika (2019) Pengaruh model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA / Lenny Agustina Suwastika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina lenny. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Univeristas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dwi Haryoto Drs. M.Pd. Pembimbing (II) Sulur S.Pd M.Si M.T.D Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Prestasi Belajar Fisika Mutu pendidikan diperoleh berdasarkan mutu pembelajaran. Dalam pembelajaran yang bermutu siswa tidak lagi ditempatkan dalam posisi pasif sebagai penerima bahan ajaran yang diberikan guru tetapi sebagai subyek yang aktif melakukan proses berfikir mencari mengolah mengurai menggabung menyimpulkan dan menyelesaikan masalah. Kegiatan pembelajaran bermutu adalah proses belajar mengajar yang mampu mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai dimana siswa tidak lagi hanya sekedar menerima namun juga ikut serta dalam berproses untuk menemukan sebuah konsep yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dilaksanakan. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang mampu membantu siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada prestasi belajar siswa SMA kelas X terutama pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental Design) dengan bentuk nonequivalent control group design. Desain yang digunakan termasuk desain yang mirip dengan desain kelompok pretest-postest only hanya tidak melibatkan penempatan sampel ke dalam kelompok secara random. Dua kelompok yang diberikan pretest kemudian diberikan perlakuan dan terakhir diberika postest. Dalam hal ini dua kelas yang ditentukan akan mendapatkan perlakuan yang berbeda dimana kelas kontrol adalah kelas dengan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Dari penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti diperoleh hasil analisis menggunakan uji-t one-tiled un tuk data prestasi belajar siswa diperoleh taraf signifikan 0 000 dan nilai thitung ttabel yaitu 3 544 1 999. Berdasarkan kriteria hipotesis maka Ho ditolak dan H diterima. Dari hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Disarankan penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru bidan studi ataupun peneliti yang lain untuk menerapkan model pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/124272

Actions (login required)

View Item View Item