Pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai web-based assessment terhadap penguasaan konsep fisika pada materi gerak harmonis sederhana / Riski Emilia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai web-based assessment terhadap penguasaan konsep fisika pada materi gerak harmonis sederhana / Riski Emilia

Emilia, Riski (2019) Pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai web-based assessment terhadap penguasaan konsep fisika pada materi gerak harmonis sederhana / Riski Emilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Emilia Riski. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry disertai Web-based Assessment terhadap Penguasaan Konsep Fisika pada Materi Gerak Harmonis Sederhana. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Purbo Suwasono M.Si (II) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Guided Inquiry Web-based Assessment Penguasaan Konsep Fisika Gerak Harmonis Sederhana (GHS) merupakan materi Fisika yang dianggap sulit oleh siswa. Siswa kesulitan dalam memahami konsep-konsep pada materi tersebut sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep GHS. Model pembelajaran guided inquiry merupakan model yang cocok dalam meningkatkan penguasaan konsep karena terdiri dari tahapan yang sistematis yaitu orientasi masalah merumuskan masalah merumuskan hipotesis mengumpulkan data menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan. Model pembelajaran guided inquiry disertai dengan web-based assessment merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa dalam proses menemukan serta memanfaatkan teknologi dalam mengerjakan latihan soal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai dengan web-based assessment terhadap penguasaan konsep siswa pada materi gerak harmonis sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasi-eksperiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Malang tahun ajaran 2018/2019 dan sampel yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran guided inquiry disertai dengan web-based assessment dan kelas X MIIPA 4 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran guided inquiry. Data penelitian berupa hasil tes penguasaan konsep pada materi gerak harmonis sederhana. Diperoleh hasil thitung 10 938 dan nilai ttabel 1 998 sehingga di dapatkan thitung ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya penguasaan konsep siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran guided inquiry disertai web-based assessment lebih tinggi dari penguasaan konsep siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran guided inquiry. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided inquiry disertai web-based assessment terhadap penguasaan konsep fisika siswa pada materi gerak harmonis sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/124271

Actions (login required)

View Item View Item