Efektivitas multimedia berbasis pendekatan saintifik pada materi getaran harmonis sederhana terhadap pemahaman konsep siswa SMA / Abdul Karim Ibrahim

Ibrahim, Abdul Karim (2019) Efektivitas multimedia berbasis pendekatan saintifik pada materi getaran harmonis sederhana terhadap pemahaman konsep siswa SMA / Abdul Karim Ibrahim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ibrahim, Abdul Karim. 2019. Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Getaran Harmonis Sederhana terhadap Penguasaan Konsep Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs.Winarto, M.Pd., (II) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. Kata kunci : penguasaan konsep, multimedia interaktif. Dalam memahami dan memaknai fisika, penguasaan konsep fisika yang baik sangat dibutuhkan. Faktanya dalam mempelajari fisika masih terdapat kesulitan untuk menguasai konsep sehingga hanya menghafal materi. Salah satu materi yang masih sulit untuk dipahami adalah materi getaran harmonis sederhana. Padahal menguasai konsep terhadap materi sangat penting untuk menyelesaikan permasalahan fisika pada materi getaran harmonis sederhana. Dalam meningkatkan penguasaan konsep dapat dilakukan dengan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif. Multimedia interaktif dalam pembelajaran dapat membantu siswa membangun interaksi sendiri terhadap media sehingga siswa dapat membangun pemahamannya sendiri terhadap konsep dari materi fisika yang dipahami. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sebanyak 17 soal pilihan ganda diberikan saat pretest dan posttest pada siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang belajar menggunakan multimedia interaktif dan siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan buku fisika quadra kelas X di SMAN 1 Batu. Instrumen penelitian terdiri dari silabus, RPP, LKS, Tes penguasaan konsep getaran hamonis sederhana, multimedia interaktif, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Soal tes penguasaan konsep materi getaran harmonis sederhana melalui uji validitas dengan teknik korelasi point biserial. Analisis uji prasyarat dilakukan dengan menggunakan uji normalisasi menggunakan Uji Liliefors dan uji homogenitas, uji penguasaan konsep dengan uji one tailed independent sample-t test untuk mengetahui mana kelas dengan penguasaan konsep yang lebih tinggi. Hasil penelitian menunjukkan nilai uji one tailed independent sample-t test sebesar 5,625 dengan nilai t tabel sebesar 1,667. Dimana nilai thitung > ttabel hal ini membuktikan bahwa penguasaan konsep fisika yang belajar menggunakan multimedia interaktif lebih tinggi dibanding dengan yang belajar menggunakan media yang terdapat disekolah berupa buku fisika quadra kelas X. Ditemukan beberapa kesulitan yang masih dialami oleh siswa yaitu dalam menganalisis konsep getaran harmonis sederhana dalam soal yang bersifat aplikatif. Saran bagi penelitian selanjutnya yaitu untuk lebih banyak memberikan latihan soal konsep yang bersifat aplikatif kepada siswa agar siswa dapat sering berlatih diluar sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/124268

Actions (login required)

View Item View Item